Upload Jurnal Sinta

Bagi kamu yang ingin mengetahui langkah-langkah Upload Jurnal Sinta, berikut ini adalah artikel yang perlu kamu simak.

Mengetahui cara upload jurnal sinta sangat penting bagi dosen maupun mahasiswa, terutama bagi dosen.

Sebagai seorang dosen, mereka memiliki kewajiban untuk mempublikasikan jurnal ke dalam platform Sinta.

Publikasi jurnal bertujuan untuk membagikan hasil pengabdian dan penelitian kepada masyarakat.

Pemerintah terus meningkatkan peningkatan jumlah publikasi jurnal guna meningkatkan pendidikan tinggi di Indonesia.

Sebagai seorang dosen, mereka wajib menerbitkan jurnal baik di jurnal internasional bereputasi maupun jurnal nasional terakreditasi.

Untuk jurnal nasional terakreditasi, hal ini berhubungan dengan Sinta. Sinta menjadi tujuan bagi para dosen yang melakukan pengabdian dan penelitian masyarakat.

Jurnal yang terdaftar di Sinta akan mendapatkan angka kredit dan membuktikan bahwa jurnal tersebut berkualitas. Bagaimana cara penerbitan jurnal di Sinta?

Bagi kamu yang ingin mengetahui Cara Publikasi Jurnal di Sinta Anda bisa kunjungi blog pusat pusatpublikasi.id atau klik teks biru di atas ya!

Pengertian Jurnal Sinta

Upload Jurnal Sinta

Sebelum membahas tentang Upload Jurnal Sinta, penting bagi kita untuk memahami pengertian Jurnal Sinta terlebih dahulu.

Jurnal Sinta adalah sistem penilaian jurnal ilmiah yang digunakan di Indonesia untuk mentransmisikan kualitas jurnal ilmiah berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.

Penilaian ini dilakukan oleh Kemenristek/BRIN dengan menggunakan indikator-indikator seperti kualitas artikel, jumlah artikel, kontribusi penulis asing, dan jumlah kutipan yang diterima oleh artikel-artikel dalam jurnal tersebut.

Setelah penilaian dilakukan, jurnal akan diberikan akreditasi dengan nilai Sinta 1, Sinta 2, atau Sinta 3.

Jurnal yang mendapatkan nilai Sinta 1 merupakan jurnal dengan kualitas terbaik dan memiliki reputasi yang sangat baik di bidangnya.

Sedangkan jurnal yang mendapatkan nilai Sinta 3 adalah jurnal yang masih perlu ditingkatkan kualitasnya.

Upload Jurnal Sinta

Proses upload jurnal Sinta sangat mudah dan simpel untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kalian ikuti untuk menerbitkan jurnal di Sinta.

1. Mendaftar Akun Sinta 

Pertama-tama, langkah pertama untuk mengunggah jurnal di Sinta adalah dengan mendaftarkan akun di platform tersebut.

Bagi para dosen, langkah ini sangat penting karena akan memudahkan proses penerbitan jurnal.

Bagi dosen yang belum memiliki akun di Sinta, mendaftar akun menjadi hal yang sangat krusial.

Jika Anda belum mengetahui cara masuk ke laman Sinta, caranya sangat mudah.

Pertama, buka https://sinta.kemdikbud.go.id/ dan kemudian pilih menu registrasi yang terletak di bagian atas halaman.

Jika Anda sudah memiliki akun Sinta, cukup masuk melalui menu login penulis di halaman utama.

2. Mengisi Formulir Registrasi 

Pada tahap berikutnya, langkah-langkah untuk Mengunggah Jurnal di Sinta adalah dengan mengisi form registrasi akun.

Formulir ini akan menampilkan beberapa kolom yang harus diisi sesuai dengan petunjuk, seperti nama lengkap, ID di Google Scholar, nomor KTP, ID di Scopus, dan lain-lain.

3. Masukan ID Google Scholar 

Pastikan untuk memasukkan ID Google Scholar saat mengunggah jurnal ke Sinta.

Pada saat mengisi formulir pendaftaran, penting untuk mengisi ID Scopus dan ID Google Scholar.

Hal ini diperlukan agar data dapat disinkronkan dengan kedua database tersebut. Sebelum membuat akun di Sinta, pastikan sudah memiliki akun di Scopus dan Google Scholar.

Dengan demikian, proses pendaftaran di Sinta akan berjalan lancar tanpa hambatan.

4. Pengecekan Kelengkapan Data 

Pastikan untuk memeriksa kembali data yang tercantum di formulir pendaftaran sebelum menekan tombol registrasi.

Pastikan semua informasi sudah lengkap dan benar sebelum melanjutkan proses pendaftaran.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa tidak ada data yang kosong kecuali jika ada keterangan khusus yang memperbolehkannya.

Validasi data sangat penting karena akan dilakukan verifikasi oleh tim pengelola Sinta.

Jadi, pastikan semua informasi seperti nama, status di perguruan tinggi, jabatan fungsional, NIDN, dan lainnya sudah benar.

Selain itu, jangan mengubah data profil di Scopus dan Google Scholar selama proses pendaftaran masih berlangsung.

Biarkan data tersebut apa adanya untuk kelancaran proses pendaftaran. Jika ID yang dimasukkan berbeda, akan menyebabkan masalah dalam proses pendaftaran.

5. Proses Verifikasi 

Untuk melanjutkan proses upload jurnal di Sinta, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran akhir di akun Sinta dan proses verifikasi oleh tim verifikator dari laman Sinta.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pihak Sinta akan melakukan pengecekan terhadap data yang diisikan oleh dosen untuk memastikan kevalidannya.

Pengecekan akan dilakukan terhadap perguruan tinggi, ID di Scopus, Google Scholar, dan NIDN, serta faktor lainnya.

Jika data terbukti valid, proses verifikasi akan selesai dilakukan. Selain itu, status akun di Sinta akan berubah menjadi terverifikasi, namun proses ini dapat memakan waktu berhari-hari.

Oleh karena itu, selama proses pendaftaran, penting untuk tidak mengubah data apapun dan mengisi formulir dengan data yang valid.

6. Update Data Profil dan Dokumen 

Setelah akun terverifikasi, langkah selanjutnya dalam Cara Upload Jurnal Di Sinta adalah mengarahkan pengguna untuk memperbarui data profil.

Hal ini berarti pengguna dapat melengkapi informasi pribadi di akun Sinta yang telah selesai dibuat.

Mohon lengkapi informasi tersebut karena nantinya akan menentukan nama penulis dari jurnal yang akan dipublikasikan ke Sinta.

Selain itu, penggunaan nama yang valid pada data diri juga akan memudahkan proses pencarian.

7. Tahap Sinkronisasi 

Selanjutnya langkah untuk mengunggah jurnal di Sinta adalah dengan melakukan sinkronisasi antara akun di Google Scholar dan akun di Sinta serta di Scopus.

Setelah sinkronisasi selesai, jurnal yang sebelumnya telah diterbitkan di Google Scholar maupun di Scopus akan terhubung.

Seluruh informasi tersebut dapat ditampilkan di laman Sinta, sehingga memudahkan dosen untuk mengetahui perkembangan publikasi sebelumnya.

Selain itu, dosen yang telah mencapai tahap ini dapat masuk ke tahap indeks.

8. Tahap Akreditasi 

Sekarang, kita akan membahas tentang tahapan terakhir dalam Cara Upload Jurnal Di Sinta, yaitu tahapan indeks.

Tahapan ini merupakan tahap akhir dalam proses penerbitan jurnal di Sinta dan dapat dilakukan sendiri oleh dosen.

Tujuan utamanya adalah untuk mengajukan akreditasi jurnal tersebut ke ARJUNA, yang dapat diakses melalui laman http://arjuna.ristekdikti.go.id/.

Jika skor akreditasinya berada pada rentang 70 hingga 85, maka jurnal tersebut akan mendapatkan akreditasi B dan masuk dalam kategori Sinta.

Namun jika skor akreditasinya di atas 85, maka jurnal tersebut akan mendapatkan akreditasi A dan masuk dalam kategori Sinta 1.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa proses penerbitan jurnal di Sinta tidaklah sulit dan dapat dilakukan sendiri.

Prosesnya juga relatif cepat, meskipun masih tergantung pada proses verifikasi.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mendaftarkan akun dengan waktu yang cukup jauh sebelumnya.

Layanan Pendampingan Publikasi Jurnal Sinta 4 Manajemen Pendidikan Bergaransi Terbit Bulan Ini

Layanan Pendampingan Publikasi Jurnal Bergaransi Terbit Bulan Ini

Selamat datang di PT Pusat Publikasi, lembaga publikasi jurnal ilmiah berbadan hukum terpercaya yang siap membantumu untuk memenuhi kebutuhan publikasi jurnal sinta dengan layanan pendampingan yang lengkap dan terpercaya.

Kami mengetahui betul betapa pentingnya publikasi jurnal sinta bagi para Akademisi, baik untuk syarat kelulusan, syarat sidang, kenaikan pangkat atau yang lain sebagainya. Oleh karena itu, kami hadir untuk membantumu dengan layanan pendampingan publikasi Jurnal Sinta 4 Manajemen Pendidikan yang bergaransi 100% terbit.

Layanan kami ini sudah include : Mendeley Reference, Proofreading, Revisi Minor, Cek Plagiasi Turnitin, Templating, E-Sertifikat, Full Issue, dan KUM 20-40. Dengan layanan ini, kami siap membantu Anda dari awal hingga akhir.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan dengan Full Issue yang memungkinkan naskah milikmu dipublikasikan dalam satu edisi penuh jurnal ilmiah yang terbit. Kamu juga akan mendapatkan nilai KUM 10-20 sebagai bukti publikasi Jurnal Sinta 4 Manajemen Pendidikan yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja penelitianmu.

Kami percaya bahwa publikasi jurnal sinta yang berkualitas dan terpercaya dapat membantu rekan-rekan mencapai kesuksesan dalam karir akademik.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan layanan pendampingan publikasi Jurnal Sinta 4 Manajemen Pendidikan dari PT Pusat Publikasi. Kami siap membantu Anda mencapai tujuan Anda dengan layanan yang lengkap dan terpercaya.

Khusus untuk pengunjung website pusat publikasi, kami menyediakan sesi konsultasi gratis terkait publikasi Jurnal Sinta 4 Manajemen Pendidikan melalui tombol whatsapp di bawah ini :

Biaya Publikasi Jurnal Sinta 4 Manajemen Pendidikan

Publikasi jurnal sinta merupakan suatu keharusan bagi para peneliti dan akademisi untuk memperoleh pengakuan ilmiah dan memperluas jangkauan penelitiannya. Namun, salah satu kendala yang dihadapi oleh para peneliti adalah biaya yang dibutuhkan untuk mempublikasikan jurnal sinta.

Biaya publikasi jurnal sinta 4 Manajemen Pendidikan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kualitas jurnal, bidang penelitian, dan jenis publikasi. Biaya tersebut dapat mencapai ribuan hingga puluhan juta rupiah, tergantung pada publikasi yang dipilih.

Tapi, jika kamu memilih untuk mempublikasikan jurnal sinta di PT Pusat Publikasi, APC-nya sangat terjangkau dan pelayanannya berkualitas. PT Pusat Publikasi menawarkan layanan pendampingan publikasi jurnal sinta yang lengkap dan terpercaya dengan harga yang sangat terjangkau.

Layanan pendampingan publikasi jurnal sinta dari PT Pusat Publikasi mencakup Mendeley Reference, Proofreading, Revisi Minor, Cek Plagiasi Turnitin, Templating, E-Sertifikat, Full Issue, dan KUM 20-40. Selain itu, PT Pusat Publikasi juga menawarkan garansi 100% terbit dengan LOA hanya dalam waktu 3 hari.

Dengan biaya yang sangat terjangkau dan layanan yang lengkap, publikasi jurnal sinta di PT Pusat Publikasi menjadi pilihan yang tepat bagi para peneliti dan akademisi.

Selain itu, pelayanan yang berkualitas dan terpercaya dari PT Pusat Publikasi akan membantu Anda mempublikasikan jurnal sinta dengan lebih mudah dan cepat, sehingga Anda dapat lebih fokus pada penelitian Anda.

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian pembahasan kami mengenai Upload Jurnal Sinta, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih.