Daftar Jurnal Sinta 2 Biologi

Jurnal Sinta 2 Biologi

Hai semuanya, kali ini kami akan menjelaskan terkait daftar jurnal sinta 2 biologi yang bisa kamu gunakan untuk referensi. Yuk simak sampai selesai!

Dalam dunia akademis, jurnal ilmiah berperan penting sebagai media publikasi hasil penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Salah satu jurnal yang memiliki reputasi baik di Indonesia adalah jurnal sinta 2 biologi.

Jurnal ini merupakan salah satu dari beberapa jurnal yang telah terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui sistem SINTA (Science and Technology Index).

Dengan fokus pada bidang biologi, jurnal sinta 2 biologi menjadi wadah bagi para peneliti untuk mempublikasikan temuan terbaru mereka dan berkontribusi pada pengembangan ilmu biologi.

Artikel-artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini telah melalui proses seleksi dan peninjauan ketat oleh para ahli di bidangnya, sehingga menjamin kualitas dan relevansi penelitian yang dipublikasikan.

Melalui publikasi di jurnal sinta 2, para peneliti dapat meningkatkan visibilitas dan pengaruh penelitian mereka baik di tingkat nasional maupun internasional.

Daftar Jurnal Sinta 2 Biologi       

Jurnal Sinta 2 Biologi

Nah, bagian ini kami akan memberikan beberdapa daftar jurnal sinta 2 biologi yang bisa digunakan untuk bahan referensi.

Berikut adalah daftar-daftarnya:

NoNama JurnalScopeAcredited
1BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGIBiologiSinta 2
2JPBI (JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA)BiologiSinta 2
3BIOSAINTIFIKA: BERKALA ILMIAH BIOLOGIBiologiSinta 2
4BIOGENESIS: JURNAL ILMIAH BIOLOGIBiologiSinta 2
5BERITA BIOLOGIBiologiSinta 2

Cara Mudah Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Cara Mudah Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Setelah mengetahui daftar jurnal sinta 2 biologi, selanjutnya kamu juga perlu memahami cara memasukkan jurnal ke Sinta.

1. Mendaftar Akun Sinta 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah pendaftaran. Untuk pendaftarannya, kamu bisa pergi ke situs resmi sinta yakni https://sinta.kemdikbud.go.id/.

Kemudian, kamu bisa langsung mencari menu registration yang ada dibagain atas, namun jika sebagain dari kalian telah memiliki akun sinta, maka bisa langsung saja login dengan menggunakan akun yang ada.

2. Mengisi Formulir Registrasi 

Selanjutnya, kamu harus mengisi formulir registrasi akun yang di dalamnya berisikan nama lengkap, id google scholar, nomor KTP, id scopus, dan lainnya.

3. Masukan ID Google Scholar 

Setelah itu, maka aka nada proses pengisian ida google scholar dan scopus, hal ini sangatlah penting untuk mesinkronkan dengan kedua database.

4. Pengecekan Kelengkapan Data 

Sebelum melakukan registrasi, kamu perlu mengecek terlebih dahulu terkait kelengkapan data yang telah dimasukkan. Jika sudah lengkap, maka kamu bisa langsung untuk melakukan resistrasi.

5. Proses Verifikasi 

Lalu proses registrasi terdapat juga proses verifikasi. Nah, verifikasi ini dilakukan oleh bagian verifikator dari situs Sinta.

Apabila akunmu sudah terverifikasi, maka status akun milikmu di halaman sinta akan berubah menjadi terverifikasi.

6. Update Data Profil Dan Dokumen 

Setelah terverifikasi, maka kamu dapat mengisi data diri yang sudah tersedia seperti nama penulis jurnal yang akan dipublikasikan ke sinta.

7. Tahap Sinkronisasi 

Dan langkah selanjutnya, kamu harus melakukan sinkronisasi akun sinta dengan menggunakan akun google scholar dan scopus.

Setelah melakukan sinkronisasi, maka fakultas bisa dengan mudah melacak perkembangan rilis sebelumnya.

8. Tahap Akreditasi 

Tahapan terkahir dari cara memasukkan jurna ke sinta adalah mengajukkan akreditasi ke ARJUNA melalui situr resminya.

Jika kamu mendapatkan nilai akreditai 70-85, maka kamu meraih ditasi B (Sinta 2), sedangan angka 85 ke atas maka akan masuk kategori (Sinta1).

Kesimpulan

Cukup sekian pembahasan kali ini terkait daftar jurnal sinta 2 biologi. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.