Cara Publish Jurnal di Sinta dengan Cepat dan Mudah

Cara Publish Jurnal di Sinta

Halo sobat Pusat Publikasi, Bagi kamu yang sedang mencari informasi bagaimana cara publish jurnal di Sinta bisa simak artikel ini sampai selesai.

Karena pada kali ini, kami akan membahas secara lengkap dan jelas terkait publish jurnal di Sinta dengan cepat dan mudah.

Pengertian Sinta

Pengertian Sinta

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu cara publish jurnal di Sinta, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian Sinta.

Sinta (Science and Technology Index) adalah sebuah portal indexing yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek dan menyediakan daftar jurnal nasional terakreditasi.

Sinta juga sering disebut sebagai pusat data jurnal nasional terakrditasi. Maka dari itu, Sinta dapat digunakan sebagai tujuan bagi pencari referensi berbentuk jurnal nasional dengan kualitas tinggi.

Jurnal yang masuk ke dalam kategori Sinta akan menjadi jurnal yang dapat dijadikan untuk rujukan, dikutip, dan sebagainya.

Baca Juga: Template Jurnal Sinta

Cara Publish Jurnal di Sinta

Setelah membahas pengertian Sinta, selanjutnya kami akan memberikan cara publish jurnal di Sinta dengan cepat dan mudah.

Berikut adalah cara publish jurnal di Sinta:

1. Persiapkan Jurnal Kamu

Pastikan jurnal kamu siap diterbitkan sebelum memulai. Hal ini masuk ke dalam penyelesaian penelitian, menulis artikel, dan memformatnya sesuai dengan pedoman penulisan jurnal yang berlaku.

2. Registrasi Akun di Sinta

Langkah pertama adalah membuat akun di portal Sinta. Kunjungi situs resmi Sinta (https://sinta4.bibl.ui.ac.id/) untuk mendaftar. Pastikan semua informasi yang kamu masukkan valid.

3. Login dan Isi Profil

Setelah pendaftaran berhasil, login ke akun kamu dan lengkapi profil peneliti. Informasi ini akan digunakan untuk mengidentifikasi kamu sebagai peneliti yang mengunggah jurnal.

4. Submit Jurnal

Setelah akun kamu lengkap, maka kamu bisa mulai mengunggah jurnal. Klik opsi “Submit Artikel” atau yang serupa di dasbor kamu. Isi formulir dengan informasi yang diperlukan, seperti judul, abstrak, kata kunci, dan sejenisnya.

5. Unggah File Jurnal

Unggah file jurnal kamu dalam format PDF. Pastikan file tersebut sesuai dengan pedoman penulisan yang sudah ditetapkan oleh Sinta.

6. Review dan Koreksi

Tim Sinta akan melakukan review awal terhadap jurnal kamu. Jika ada masalah atau perbaikan yang diperlukan, kamu akan diberitahu. Ikuti saran mereka untuk meningkatkan kualitas jurnal kamu.

7. Pengindeksan dan Penilaian

Setelah jurnal kamu lolos review awal, Sinta akan mengindeksnya. Jurnal kamu akan dinilai berdasarkan kualitas, relevansi, dan kontribusinya terhadap bidang penelitian tertentu.

8. Publikasikan Jurnal

Jika jurnal kamu diterima, itu akan dipublikasikan di portal Sinta dan menjadi bagian dari database jurnal ilmiah Indonesia yang diakui secara nasional dan internasional.

Call For Paper Publikasi Jurnal SINTA Garansi Uang Kembali

Kami di Pusat Publikasi memahami kebutuhan Anda untuk menerbitkan jurnal dengan cepat dan tanpa repot. Dengan pengalaman mengelola lebih dari 8 jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi, kami siap membantu Anda.

Mengapa Memilih Pusat Publikasi?

  • Pengalaman dan Kredibilitas: Kami telah berpengalaman mengelola jurnal-jurnal bereputasi dan terakreditasi Dikti.
  • Publikasi Cepat: Kami menyediakan layanan publikasi jurnal internasional yang bisa terbit setiap bulan.
  • Layanan Lengkap: Mulai dari publikasi di jurnal internasional Scopus, Copernicus, hingga layanan translate jurnal dan cek plagiasi dengan Turnitin.

Layanan Tambahan yang Kami Tawarkan

Selain publikasi jurnal, kami juga menyediakan berbagai layanan pendukung:

  • Jasa Publikasi Jurnal Internasional Scopus
  • Jasa Publikasi Jurnal Internasional Copernicus
  • Publikasi di DOAJ
  • Pengurusan HAKI
  • Jasa Translate Jurnal
  • Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi
  • Cek Plagiasi Menggunakan Turnitin

Konsultasi Gratis!

Untuk membantu Anda lebih lanjut, kami menawarkan sesi konsultasi gratis terkait publikasi jurnal internasional. Klik tombol WhatsApp di bawah ini dan hubungi kami sekarang juga!

Akhir Kata

Oke sobat Pusat Publikasi, mungkin itu saja pembahasan dari kami terkait bagaimana cara publish jurnal di Sinta dengan cepat dan mudah. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk semuanya, terimakasih!


FAQ

Berapa lama publikasi jurnal di Sinta?

Publikasi jurnal di Sinta setidaknya dibutuhkan waktu paling cepat itu sekitar 8 bulan sampai satu tahun lamanya.