Cara Publikasi Jurnal Sinta 5

Halo sobat Publikasi, Bagi kamu yang sedang mencari cara publikasi jurnal sinta 5, maka kamu datang di artikel yang tepat, karena pada pembahasan kali ini kami akan membahasnya  secara lengkap yuk kita simak sampai habis!

Perlu diketahui bahwa publikasi jurnal biasanya ditulis oleh akademisi, peneliti, atau dosen. Dengan cara ini, publikasi karya ilmiah dalam jurnal nasional dan internasional dapat meningkatkan kredit dan juga dapat menjadi syarat untuk promosi atau jabatan fungsional dosen.

Jurnal juga dapat meningkatkan portofolio seseorang, terutama bagi peneliti dan dosen. Meskipun publikasi artikel ilmiah membantu mahasiswa dalam memenuhi tugas mata kuliah dan sebagai syarat untuk tugas akhir atau yudisium (wisuda).

Karya ilmiah ini dapat diterbitkan pada jurnal nasional atau internasional.Cara mudah, cepat, dan gratis untuk publikasi atau submit jurnal nasional akan dibahas dalam diskusi ini.

Artikel ini dapat berfungsi sebagai referensi memberi tahu Anda cara cepat publikasi jurnal nasional gratis termasuk yang terakreditasi sinta baik sinta 1, sinta 2, sinta 3, sinta 4, dan sinta 6. Jurnal dapat mencakup bidang pendidikan, akuntansi, ekonomi, kesehatan, dan sebagainya.

Cara Publikasi Jurnal Sinta 5

Cara Publikasi Jurnal Sinta 5

Berikut dibawah ini kami berikan beberapa Cara Publikasi Jurnal Sinta 5, dan langkah-langkahnya sangat sederhana dan  mudah diikuti.

1. Mendaftar Akun Sinta

Untuk Publikasi Jurnal Sinta 5, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun ke Sinta. Ini sangat penting bagi pendidik karena memudahkan penerbitan jurnal.

Oleh karena itu, bagi dosen yang belum memiliki akun di halaman Sinta, sangat penting untuk mendaftarkan akun.

Bagi mereka yang belum tahu cara mengunjungi halaman Sinta, bagaimana? Bergabung dengan halaman Sinta adalah hal yang sangat mudah.

Untuk memulai, masuklah ke https://sinta.kemdikbud.go.id/ dan gunakan jalur pendaftaran yang disebutkan di atas, Untuk memulai login dengan akun Sinta Anda, pergi ke menu Login Penulis di halaman utama.

2. Mengisi Formulir Registrasi

Pada langkah selanjutnya, Cara upload jurnal ke Sinta 5, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran akun.

Seharusnya seperti ini: Masukkan data yang relevan dalam format yang dimulai dengan nama Anda, ID Google Cendekia, nomor KTP, ID Scopus, dll.

3. Masukan ID Google Scholar

Masuk dengan ID Pakar Google Anda untuk Publikasi Jurnal Sinta 5, Memasukkan ID Scopus dan Google Cendekia Anda diperlukan dalam formulir pendaftaran yang disebutkan di atas, Ini sangat penting karena menyinkronkan dengan kedua database, jadi pastikan Anda memiliki akun Scopus atau Google Scholar sebelum membuat akun di Sinta, Ini akan mempercepat proses pembuatan akun Sinta dan mencegah masalah di masa depan.

4. Pengecekan Kelengkapan Data

Langkah selanjutnya dalam mengirimkan pendaftaran Anda ke Sinta adalah memastikan semua detail formulir sudah lengkap.

Selain itu, jangan terburu-buru menekan tombol registrasi untuk memastikan bahwa semua informasi Anda sudah lengkap dan benar.

Selain itu, jika formulir kosong dan tidak memiliki informasi khusus, pastikan bahwa datanya tidak terbuka.

Setelah admin halaman Sita menyelesaikan proses verifikasi, kami berharap semua detail Anda benar. Oleh karena itu, kami mengkonfirmasi nama instruktur, posisi universitas, dan penunjukan NIDN.

Oleh karena itu, selama proses pendaftaran, jangan mengubah data referensi Anda di Scopus dan Google Scholar.

Jika ID yang Anda berikan tidak sama, Anda mungkin mengalami masalah saat masuk, jadi beritahu kami saat Anda mendaftar.

5. Proses Verifikasi

Jadi, masuk ke akun Sinta terakhir Anda dan menyelesaikan proses verifikasi di halaman Sinta adalah langkah selanjutnya untuk publikasi registrasi anda, Seperti yang disebutkan di atas, Sinta mengevaluasi kebenaran data berdasarkan input instruktur.

Oleh karena itu, identitas universitas divalidasi menggunakan Scopus, Google Scholar, NIDN, dan sumber daya lainnya, Proses validasi berakhir ketika suatu potensi tervalidasi.

Selain itu, status akun Sinta Anda akan berubah menjadi Terverifikasi, yang dapat memakan waktu beberapa hari.

Itu sebabnya, meskipun formulir diisi dengan data yang benar, Anda tidak dapat mengubahnya saat pendaftaran.

6. Update Data Profil dan Dokumen

Anda dapat memperbarui profil Anda dengan mengirimkan buku harian Anda ke Sinta setelah verifikasi akun Anda, dapat menambahkan informasi pribadi Anda ke akun Sinta Anda.

Isilah karena kami dapat mengetahui nama-nama penulis jurnal yang akan diterbitkan di Sinta di kemudian hari, Untuk memudahkan pengambilannya, Anda juga harus menggunakan nama data pribadi yang valid.

7. Tahap Sinkronisasi

Menyinkronkan akun Google Scholar dan Sinta dan Scopus Anda adalah langkah selanjutnya dalam Publikasi Jurnal Sinta 5. Jurnal yang diterbitkan sebelum sinkronisasi akan ditautkan ke Google Scholar atau Scopus.

Semuanya juga dapat ditampilkan di halaman Sinta, yang memudahkan dosen untuk melihat bagaimana artikel sebelumnya berkembang. Selain itu, dosen yang memenuhi persyaratan ini akan dimasukkan ke dalam bidang kualifikasi.

8. Tahap Akreditasi

Kami sekarang akan beralih ke langkah terakhir untuk Publikasi Jurnal Sinta 5. Langkah terakhir dalam penerbitan jurnal di Sinta adalah proofreading.

Anda atau dosen Anda dapat melakukannya. Dan sebagai akibatnya, Anda dapat meminta izin buku tersebut kepada ARJUNA, yaitu di halaman.

Selain itu, jika nilai Anda antara 70 dan 85 maka Anda akan menerima nilai B untuk masuk ke Sinta 2, dan jika nilai anda lebih dari 85 maka Anda akan menerima nilai E, yang akan memberi Anda kategori Sinta 1.

Baca Juga : Publikasi Jurnal Sinta 5

Cara Publish Jurnal Sinta 5

Cara Publikasi Jurnal Sinta 5

Cara Publish Jurnal Sinta 5

Sebelumnya kita telah mempelajari Cara Publikasi Jurnal Sinta 5, pembahasan kali ini akan memberikan informasi lebih lanjut tentang Cara Publish Jurnal Sinta 5.

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui caranya? Lihat artikel berikut untuk informasi lebih lanjut.

1. Persiapkan Naskah dan Data Penelitian Anda

Sebelum menerbitkan publikasi jurnal di SINTA, pastikan artikel Anda sudah disiapkan secara menyeluruh dan data penelitian Anda disusun dengan baik.

Dalam langkah ini, Anda harus mematuhi format penulisan yang sesuai dengan pedoman jurnal yang dituju, menyusun artikel dengan cara yang jelas dan informatif, dan menyertakan referensi yang tepat dan sesuai.

2. Pilih Jurnal yang Sesuai dengan Bidang Penelitian Anda

Tahap berikutnya adalah memilih jurnal yang relevan dengan bidang penelitian Anda setelah artikel Anda selesai.

Jurnal yang dipilih harus terdaftar di SINTA dan memiliki reputasi yang baik.

Selain itu, perhatikan standar dan cakupan jurnal agar artikel Anda sesuai dengan tujuan dan target publikasi.

3. Registrasi dan Pengiriman Naskah

Setelah memilih jurnal yang tepat, lakukan pendaftaran ke database atau situs jurnal tersebut, Ikuti panduan dan instruksi yang disediakan untuk pengiriman dokumen.

Pastikan semua informasi yang dibutuhkan, seperti data penulis, abstrak, kata kunci, dan lainnya, diisi dengan benar.

4. Proses Review dan Revisi

Jurnal akan meninjau artikel Anda setelah dikirimkan, Untuk memastikan validitas dan kualitas penelitian, proses ini melibatkan peninjauan oleh para ahli di bidang terkait.

Ada kemungkinan Anda diminta untuk melakukan revisi berdasarkan masukan dan rekomendasi pengulas, Tanggapi dan perbaiki artikel Anda.

5. Terbitkan Jurnal di SINTA (cara upload jurnal di SINTA)

Setelah disetujui dan direvisi, langkah terakhir adalah publikasi di jurnal SINTA, Untuk proses penerbitan, ikuti petunjuk SINTA. Setelah jurnal Anda terdaftar di SINTA, penelitian Anda akan dapat diakses oleh para ahli dan peneliti lainnya.

Ingin Publikasi Jurnal Terbit Bulan Ini? Yuk, Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini! “KONSULTASI”

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan kami mengenai Cara Publikasi Jurnal Sinta 5, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih