Cara Publikasi Jurnal DOAJ

Cara Publikasi Jurnal DOAJ

Halo sobat setia Pusat Publikasi! Bagi kamu yang tengah mencari informasi seputar cara publikasi jurnal di DOAJ, kamu datang pada artikel yang tepat! Karena kami akan membahas langkah-langkahnya yang tepat.

Melakukan publikasi ilmiah adalah hal yang penting dalam perkembangan pengetahuan dan teknologi. Nah, salah satu wadah publikasi yang resmi diakui oleh seluruh dunia yaitu DOAJ.

Pengertian DOAJ

DOAJ (Directory of Open Acces Journals) adalah sebuah situs website yang telah menyediakan daftar-daftar jurnal terakreditasi dengan akses terbuka.

Perlu kamu ketahui bahwa yang mengelola layanan indeksi jurnal internasional, yaitu Infrastructure Services for Open Acces (IS4OA).

Cara Publikasi Jurnal DOAJ Cepat Terbit

Cara Publikasi Jurnal DOAJ Cepat Terbit

Setelah memahami lebih dalam terkait DOAJ, selanjutnya kami akan memberikanmu cara publikasi jurnal DOAJ yang sangat cepat, yaitu hanya 3 menit.

Agar mudah dan cepat dalam melakukannya, yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya.

1. Memiliki Karya Ilmiah yang Original

Langkah pertama dalam melakukan cara publikasi jurnal DOAJ adalah mempunyai karya ilmiah yang asli. Jadi, kamu harus menulis artikel ilmiah berdasarkan ketentuan yang sudah diterapkan.

Sebagai catatan bahwa artikel ini harus benar-benar asli dan tidak boleh mengambil dari orang lain atau plagiat.

2. Sesuai dengan Template dari Publisher

Untuk langkah selanjutnya dalam melakukan cara publikasi jurnal DOAJ adalah menyesuaikan naskah kamu dengan template dari publisher.

Hal ini harus seusai dengan template di jurnal dan harus diawasi terkait siapa yang akan mengirimkannya. Para editor jurnal tentu memiliki formatnya, jadi kamu perlu untuk mengikutinya dengan benar.

3. Submit di Jurnal Sesuai Bidang

Seperti diketahui bahwa setiap jurnal masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda, salah satunya dengan jurnal DOAJ. Nah, di DOAJ ini terdapat jurnal yang berkaitan dengan ilmu matematika, sosial dan ilmu lainnya.

Pastikan kembali dalam menulis jurnal, karena jika mengunggah jurnal ke dewan redaksi salah, maka jurnal dapat di tolak.

4. Topik Harus Fresh

Langkah terkahir agar jurnal dapat diterima adalah kamu harus memilih topik terbaru, topik segar, dan terikini.

Nah, topik terbaru tersebut jarang dibahas oleh orang lain sehingga dewan redaksi lebih menyukainya.

Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ

Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ

Berikut manfaat pada jurnal yang terindeks DOAJ. Untuk mengetahui, mari simak manfaatnya berikut ini:

  1. Meningkatkan Nilai Akreditasi Jurnal Ilmiah
  2. Maksimal 20 KUM untuk Angka Kredit
  3. Meningkatkan Traffic Kunjungan ke Website Jurnal
  4. Mendorong Penerbit untuk Mengadopsi Praktik Terbaik dalam Pengelolaan Jurnal
  5. Mempermudah Pencarian Referensi

Kesimpulan

Mungkin hanya itu saja pembahan dari kami seputar cara publikasi jurnal DOAJ dengan cepat terbit. Semoga artikel ini bermanfaat!