Cara Menganalisis Jurnal Internasional & Nasional

Pada artikel ini kami akan mengkaji bagaimana cara menganalisis jurnal internasional dan nasional. Yuk simak pembahasannya sampai selesai.

Perlu kita pahami bahwa sebelum melakukan belajar menulis karya ilmiah, kita harus memahami terlebih dahulu tentang karya ilmiah seperti menganalisis jurnal.

Artikel ilmiah sering kali dipublikasikan di jurnal. Nah, jurnal ilmiah ini adalah sebuah majalah terbitan dengan ketentuan tertentu dan biasanya memuat Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Karya Tulis Ilmiah (KTI)

KTI ini merupakan sebuah informasi ilmiah dan teknis yang disampaikan, ditulis dan terbit secara berkala sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Maka dari itu, beberapa dosen atau pengajar akan membagikan tugas kepada mahasiswanya untuk melakukan analisis jurnal tersebut. Tanggung jawab tugasnya yaitu:

  • Sediakan untuk siswa pengantar jurnal yang sebenarnya.
  • Bisa meningkatkan kemampuan analitik mahasiswa dalam menghasilkan jurnal ilmiah.
  • Mahasiswa bisa menemukan kelemahan dan kelebihan jurnal yang dianalisis.

Pengertian Ringkas Terkait Cara Menganalis Jurnal

Pengertian Ringkas Terkait Cara Menganalis Jurnal

Cara menganalisis jurnal adalah dengan mengamati dasar utama dari penilitian yang telah diterbitkan oleh sumber daya ilmiah, lalu manggabungkannya dengan gagasan dan pemikiran analisis.

Oleh karena itu, para pembaca analisis bisa mengetahui keseluruhan isi jurnal secara efektif tanpa perlu membaca secara jelas. Hal ini merupakan metode yang tepat, jelas, dan bermanfaat untuk melakukan analisis artikel jurnal. Nah, analisis jurnal ini adalah sebagai pemecahan topik penelitian atau materi kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Nah, teknik analisis jurnal ini sudah diterapkan dalam penelitian pendidikan sejak zaman Aristoteles (384-322 SM).

Ingin Publikasi Jurnal Scopus Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Scopus Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Menganalisis Jurnal Internasional & Nasional

Cara Menganalisis Jurnal Internasional & Nasional

Oke teman-teman setelah memahami KTI dan pengertianya secara singkat, yuk simak cara menganalisis jurnal internasional dan nasional di bawah ini:

1. Pastikan Standar Kualitas

Banyak jurnal memiliki spesialisasi tertentu, seperti politik, hukum, ekonomi, dan kewirausahaan. Meski ada juga jurnal yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, jurnal ilmiah umumnya mencakup artikel yang telah melalui proses peer-review. Proses ini memastikan bahwa artikel tersebut memenuhi standar kualitas dan validitas ilmiah. Oleh karena itu, sebelum menganalisis dan meninjau jurnal, pastikan jurnal tersebut telah memenuhi standar ilmiah yang relevan dengan kajian kita.

2. Cara Menganalisis Jurnal – Berikan Informasi Rinci

Publikasi hasil penelitian adalah bagian penting dari semua jenis metode penelitian ilmiah. Ketika mendeskripsikan percobaan atau perhitungan, informasi yang cukup rinci harus disediakan agar peneliti lain dapat mengulangi percobaan atau perhitungan tersebut untuk memverifikasi hasilnya. Detail ini meliputi penjelasan mengenai kekuatan dan kelemahan serta pencatatan temuan dalam buku catatan.

3. Pastikan Kesesuaian Bahasa Ilmiah

Saat menulis laporan analisis untuk setiap artikel jurnal, pastikan bahwa bahasa yang digunakan memenuhi standar yang kita yakini. Misalnya, untuk Indonesia, kita mengacu pada PUBI atau KBBI. Hal ini penting karena artikel kita merupakan bagian dari catatan ilmiah yang permanen.

Baca Juga: Website Jurnal Internasional

Inilah Contoh Cara Menganalisis Jurnal dan Penerapannya

Inilah Contoh Cara Menganalisis Jurnal dan Penerapannya

Berikut adalah tips yang harus kamu lakukan untuk menganalisis jurnal:

  1. Baca Ringkasannya Terlebih Dahulu. Abstrak adalah elemen penting dalam jurnal yang berbentuk paragraf pendek dan biasanya terletak di awal. Keuntungan dari membaca abstrak adalah Anda dapat memahami inti dari jurnal tersebut. Secara umum, abstrak ditulis dalam sekitar 200 kata.
  2. Latar Belakang Penelitian Pada tahap ini, aktifkan kemampuan analisis Anda untuk memahami secara cermat dan akurat subjek yang dibahas. Salah satu contohnya adalah memahami alasan di balik dilakukannya penelitian tersebut dan apakah penelitian itu didasarkan pada integrasi dengan penelitian lain.
  3. Menarik Kesimpulan Secara Langsung Dengan menarik kesimpulan secara langsung, Anda dapat menghemat waktu untuk memahami inti dari seluruh pembahasan dalam jurnal.
  4. Menemukan Poin atau Posisi Utama Artikel Dengan memahami argumen utama dari artikel, Anda akan lebih memahami dan menguasai isi jurnal. Memahami poin-poin penting membuat Anda tidak perlu mengulangnya lagi di buku catatan. Meskipun demikian, membaca ulang catatan di buku harian tidak ada salahnya untuk mendalami konten yang Anda analisis dengan lebih efektif.
  5. Tinjau Argumen Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, bacalah faktor-faktor penting dalam jurnal dan tinjau kembali poin-poin penting yang dicatat oleh peneliti.

1. Judul Analisis Jurnal

Penerapan Metode Audiovisual STM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmiah.

2. Rangkuman Isi Jurnal

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar sains siswa melalui penerapan metode STM berbasis audiovisual. STM adalah singkatan dari Society of Science and Technology. Usaha ini bertujuan mengenalkan teknologi ilmiah ke dalam pengalaman sehari-hari, sambil fokus pada masalah-masalah yang dihadapi masyarakat saat ini. Intinya, komponen ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut mencakup aspek lokal, regional, nasional, dan global. Dalam metode STM, media audiovisual digunakan untuk membantu proses pembelajaran sains di kelas.

3. Tuliskan Kelebihan Jurnal

Siswa dapat mengidentifikasi dan merangkai apa yang mereka pelajari melalui media audiovisual. Metode ini melatih siswa untuk lebih memperhatikan dampak lingkungan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Kelompok belajar yang lebih beragam memberikan kesempatan bagi siswa dengan kemampuan yang lebih rendah untuk bertanya atau mengutarakan pendapat, serta merefleksikan semua hasil karya mereka.

4. Tuliskan Kelemahan Jurnal

Meskipun metode STM sangat bermanfaat dalam pembelajaran karena selalu menghubungkan materi dengan kehidupan nyata dan lingkungan siswa, tidak selalu mungkin untuk mengajak siswa secara langsung berpartisipasi dalam objek pembelajaran utama yang ada di lingkungan sehari-hari.

5. Solusi

Tenaga pendidik dapat memberikan materi pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, karena tidak selalu mungkin untuk mengajak siswa secara langsung berpartisipasi dalam objek pembelajaran utama di lingkungan mereka. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran sangat membantu dalam mewujudkan metode STM, karena media tersebut menjadi sarana penyampaian pesan dan sumber informasi yang diharapkan dapat disampaikan kepada penerima pesan.

Baca Juga: Template Jurnal Sinta

Akhir Kata

Baik teman-teman Pusat Publikasi, mungkin itu saja pembahasan dari kami terkait Cara Menganalisis Jurnal Nasional dan Internasional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua, terimakasih.


FAQ

Apa ciri ciri jurnal internasional?

Ciri-ciri pertama pada jurnal internasional adalah sudah memiliki setidaknya satu terbitan secara online. Jadi, artikel jurnal mereka juga harus dipublikasikan secara online ditambah dengan berkas-berkas yang biasanya disimpan dalam format PDF.

Apa yang membedakan jurnal nasional dan internasional?

Jurnal nasional skalanya hanya di satu negara saja, sedangkan internasional dapat diakses oleh semua orang di berbeda negara. Penerbitannya juga secara online agar persebarannya luas ke semua negara. Tentunya akan membantu peneliti lain untuk mengetahui perkembangan penelitian di setiap negara.

Kapan dikatakan jurnal internasional?

Sebuah jurnal dikatakan sebagai jurnal internasional apabila penulis dalam jurnal tersebut berasal dari minimal 2 negara yang berbeda.