Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus Terbaru 2024

Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus Terbaru 2024

Apakah kamu ingin tahu cara mencari jurnal internasional terindeks Scopus? Nah, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui caranya.

Saat mencari referensi untuk penelitian, kamu mungkin mencari jurnal nasional maupun internasional. Banyak dari kalangan mahasiswa dan dosen yang memilih jurnal internasional yang terindeks di Scopus.

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu cara mencari jurnal internasional terindeks scopus, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud scopus.

Pengertian Scopus

Perbedaan DOAJ dan Scopus

Scopus merupakan sebuah database atau pusat data jurnal nasional yang memiliki kualitas standar dan reputasi di jurnal internasional.

Perlu kamu ketahui bahwa scopus ini dikelola oleh perusahaan penerbit jurnal tekemuka, yaitu Elsevier. Nah, perusahaan ini telah mengindeks 22.000 judul artikel dari 5000 penerbit di berbagai negara.

Jurnal yang terindeks scopus sudah pasti memiliki kualitas tinggi dari penerbit terkenal di seluruh dunia. Tak hanya itu, jurnal dengan kategori scopus juga punya reputasi tinggi di skala internasional.

Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Mari kita langsung ke materi utama tentang bagaimana cara mencari jurnal internasional terindeks Scopus. Perlu kamu ketahui bahwa jurnal yang terindeks di Scopus tidak hanya jurnal internasional, tetapi juga ada jurnal nasional atau dari Indonesia yang berhasil terindeks di Scopus.

Ada dua cara untuk mencari jurnal ini. Menurut lister.co.id, cara pertama adalah dengan menggunakan situs scimagojr.com, dan cara kedua adalah dengan menggunakan situs resmi Scopus.

Langkah pertama adalah menggunakan situs ScimagoJR. Penasaran bagaimana caranya? Yuk imak penjelasan berikut!

1. Scimagojr.com

  • Pertama, buka browser dan ketik ‘scimagojr’ untuk membuka situs web scimagojr.com
  • Setelah masuk ke halaman ScimagoJR, pilih topik jurnal yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, jika kamu mencari jurnal bertema seni, pilih bidang Seni dan Humaniora.
  • Selanjutnya, pilih subjek dan kategori jurnal yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Kemudian, pilih level Q atau kuartil yang kamu butuhkan dan klik ‘Unduh data ke Excel’.
  • Selesai

2. Scopus

Cara berikutnya untuk adalah dengan menggunakan situs website resmi Scopus. Dengan menggunakan metode ini cukup mudah untuk kamu ikuti. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, buka browser dan akses situs resmi Scopus di scopus.com
  • Selanjutnya, pilih ‘Sources’ di bagian atas layar
  • Masukkan nama jurnal yang kamu cari di kolom ‘Enter Title’ dan tekan Enter, atau kamu bisa klik ‘Find Source’
  • Klik pada jurnal yang diinginkan dan periksa tahun cakupannya
  • Jika kamu ingin melihat ‘Scopus content coverage’

Ingin Publikasi Jurnal Scopus Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Scopus Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Tingkatan Jurnal Scopus Yang Harus Diketahui

Tingkatan Jurnal Scopus Yang Harus Diketahui

Setelah memahami cara menemukan jurnal internasional yang terindeks di Scopus, apakah kamu tahu tingkatan jurnal di Scopus? Bagi kamu yang belum mengetahuinya, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Dilansir dari situs ui.ac.id, Scopus memiliki kategori atau kriteria untuk menilai kualitas jurnal yang diterbitkan oleh para penulis. Kategori atau tingkatan jurnal Scopus ini dibagi menjadi empat tingkat.

Berikut adalah tingkatan jurnal Scopus yang perlu kamu ketahui:

  • Q1 (Quartile 1) >>> Tertinggi
  • Q2 (Quartile 2)
  • Q3 (Quartile 3)
  • Q4 (Quartile 4) >>> Terendah

Itulah tingkatan jurnal Scopus dari yang tertinggi hingga terendah.

Baca Juga: Template Jurnal Scopus

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai cara mencari jurnal internasional terindeks Scopus. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami. Terima kasih!


FAQ

Apa perbedaan terindeks Scopus dan Sinta?

Jurnal Sinta cukup membahas konten mengenai local/nasional, sementara jurnal Scopus cakupannya secara menyeluruh. Sehingga jurnal lokal dan jurnal nasional yang belum terakreditasi tidak bisa masuk.

Berapa lama jurnal terindeks Scopus?

Publikasi jurnal scopus ada yang berbayar dan gratis. Jika ingin publikasi jurnal scopus gratis, maka seseorang akan melewati proses review yang cukup ketat, mungkin akan memerlukan waktu 6 bulan sampai 1 tahun lamanya.

Apakah sinta 1 setara dengan Scopus?

Hanya saja jurnal yang ditemukan dapat berbeda tingkatan. Merupakan tingkatan paling tinggi dalam sebuah akreditasi jurnal Sinta, S1 atau Sinta 1 pada umunya telah terindeks Scopus atau jurnal internasional bereputasi.