Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ

Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ

Selamat datang di Pusat Publikasi, Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan seputar cara mencari jurnal internasional di DOAJ.

DOAJ ini bersifat open acces (akses terbuka)dan gratis ketika proses indeksasinya. Hingga saat ini, sudah tercatat 113 negara yang menjadi bagian dari Directory open acces ini, 14.675 jurnal, dan 4,918,888 artikel.

Pada artikel kali ini kami akan membahas yang berhubungan dengan DOAJ, yaitu informasi terkait apa itu DOAJ, cara mencari jurnal internasional di DOAJ, dan manfaat dari DOAJ.

Apa Itu DOAJ?

Apa Itu DOAJ?

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu cara mencari jurnal internasional di DOAJ, alangkah baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu DOAJ.

DOAJ adalah salah satu indeks unik dan luas dari berbagai jurnal akses terbuka dari seluruh dunia, didorong oleh komunitas yang berkembang, dan berkomitmen untuk memastikan konten berkualitas tersedia gratis secara online untuk semua orang.

Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ Mudah dan Cepat

Untuk cara menemukan atau mencari jurnal internasional di DOAJ, prosesnya cukup sederhana. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut secara berurutan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs web DOAJ melalui URL http://doaj.org.
  2. Masukkan kata kunci pencarian dalam bahasa Inggris, karena situs ini menyediakan artikel ilmiah internasional dalam bahasa tersebut.
  3. Pilih jurnal yang ingin kamu akses, lalu klik pada jurnal tersebut.
  4. Setelah itu, gambar jurnal akan segera ditampilkan.
  5. Pilih opsi “full text” dan pastikan kamu telah menginstal IDM di perangkat kamu.
  6. Unduh file ke perangkat kamu.

Bagaimana, teman-teman? Mudah bukan cara mencari jurnal internasional di DOAJ? Sekarang, mari kita lanjutkan ke materi berikutnya.

5 Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ

5 Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ

Perlu kamu ketahui bahwa jurnal yang terindeks DOAJ memiliki banyak manfaat. Nah, untuk mengetahunya, mari simak materinya berikut ini.

Berikut adalah 5 manfaat jurnal terindeks DOAJ :

1. Meningkatkan Nilai Akreditasi Jurnal Ilmiah

Bagi kamu yang memiliki jurnal yang terindeks di DOAJ, hal ini menunjukkan bahwa jurnal tersebut telah memenuhi standar ilmiah yang ditetapkan, sehingga dapat memberikan nilai tambah saat dinilai oleh asesor akreditasi jurnal. Berdasarkan pedoman akreditasi jurnal Ristekdikti, pada aspek penilaian penyebarluasan, jurnal yang terindeks DOAJ bisa mendapatkan nilai 3 dari nilai maksimal 4. Tentu ini sangat menguntungkan, bukan? Poin tambahan ini membantu menutupi kekurangan pada aspek penilaian lainnya.

2. Maksimal 20 KUM untuk Angka Kredit

Jurnal yang terindeks di DOAJ memberikan dampak positif dalam penilaian angka kredit untuk kenaikan jabatan akademik dosen. Karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal terindeks DOAJ dapat memperoleh angka kredit maksimal sebesar 20 KUM (sesuai PO PAK Dosen Ristekdikti 2019). Bayangkan jika kamu berhasil mempublikasikan empat artikel dalam setahun di jurnal yang terindeks DOAJ—ini bisa menjadi faktor penting dalam percepatan kenaikan pangkat.

3. Meningkatkan Traffic Kunjungan ke Website Jurnal

Menurut situs doaj.org, DOAJ adalah database artikel jurnal yang dapat diakses oleh publik global secara gratis. Ketika pencari informasi menggunakan DOAJ untuk menemukan referensi seperti artikel atau karya ilmiah yang relevan dengan riset mereka, mereka akan mengetikkan kata kunci yang sesuai. DOAJ kemudian akan menampilkan judul artikel, file PDF, dan informasi tentang jurnal yang relevan. Klik pada jurnal akan mengarahkan pengunjung langsung ke website jurnal tersebut, yang pada gilirannya dapat meningkatkan traffic ke situs tersebut.

4. Mendorong Penerbit untuk Mengadopsi Praktik Terbaik dalam Pengelolaan Jurnal

DOAJ berisi koleksi jurnal dan artikel ilmiah yang telah memenuhi standar kualifikasi yang ketat. Jurnal yang tidak memenuhi standar akan terkena sanksi dan bisa kehilangan status indeksasinya. Ini merupakan hal yang penting bagi penerbit dan pengelola jurnal untuk diperhatikan. Dengan melihat jurnal-jurnal yang sudah terindeks di DOAJ, kamu bisa terinspirasi untuk meningkatkan pengelolaan jurnal kamu sendiri. Mengamati praktik terbaik dari jurnal lain bisa membantu dalam pengembangan jurnal yang sedang kamu kelola.

5. Mempermudah Pencarian Referensi

Bagi yang sudah familiar dengan cara mencari jurnal internasional di DOAJ, terutama peneliti, dosen, dan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, sangat disarankan untuk memanfaatkan DOAJ. Platform ini menyediakan rujukan terkini secara real-time, sehingga mempermudah pencarian referensi yang dibutuhkan.

Akhir Kata

Oke sobat Pusat Publikasi, mungkin hanya itu saja pembahasan dari kami terkait cara mencari jurnal internasional di DOAJ. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.