Cara Mencari Jurnal di Scopus

Cara Mencari Jurnal di Scopus

Halo sobat Pusat Publikasi, pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang cara mencari jurnal di scopus secara lengkap.

Pengertian Scopus

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara mencari jurnal di scopus, ada baiknya kamu mengetahui lebih dalam lagi terkait pengertian scopus.

Scopus adalah layanan indeksasi atau pusat data yang berada dalam naungan Elsevier yang merupakan penerbit jurnal internasional yang berbasis di Belanda sejak tahun 1880.

Cara Mudah untuk Mencari Jurnal di Scopus

Oke pada bagian ini kami akan memberikan langsung terkait cara mencari jurnal di scopus. Adapun langkah-langkahnya di bawh ini:

  • Langkah pertama kunjungi situs resmi Scopus https://www.scopus.com/home.url
  • Kemudian klik “Sumber” di bagian atas
  • Setelah itu, isikan nama jurnal pada kolom “Enter Title” dan tekan Enter atau klik “Find Source”
  • Apabila nama jurnal yang Anda tulis sudah ditemukan di kolom pencarian, maka klik jurnal dan periksa tahun terbitnya.
  • Klik juga “Scopus Content Coverage” di bagian bawah. Pada Jurnal Scopus dengan data tahun 2022 yang dimasukkan tetap akan terindeks.

5 Contoh Jurnal Scopus

Jika tidak memahami contoh Jurnal Scopus, maka akan sulit untuk mengetahui cara mencari jurnal di scopus. Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa contohnya di bawah ini:

NoTitleTypePublisher
1The crystal chemistry of duftiteJournalMineralogical Society
2Thermal Isomerization of All-trans-Lutein in a Benzene SolutionJournal 
3Constraints on coupling constants through charged photoproductionJournal 
4Distribution and redistribution of sulfur supplied as [<sup>35</sup>S]sulfate to roots during vegetative growth of soybeanJournalAmerican Society of Plant Biologists
5Pest management of psocids in milled rice stores in the humid tropicsJournal 

Tingkatan Jurnal Scopus yang Harus Diketahui

Penting untuk Anda ketahui bahwa jurnal internasional Scopus memiliki empat kategori tingkatan, yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4.

Nah, berikut kami jelaskan setiap Quartile secara lebih rinci:

1. Q1 (Quartile1)

Q1 adalah tingkat di dalam jurnal Internasional Scopus yang memiliki dampak paling signifikan dibandingkan dengan tingkat lainnya.

Misalnya, dari 100 jurnal internasional dalam indeks Scopus dalam suatu bidang, jurnal yang masuk dalam kategori Q1 biasanya mendapatkan peringkat antara 1 hingga 25, atau dapat dianggap sebagai 25 jurnal paling terbaik.

2. Q2 (Quartile 2)

Quartile 2 (Q2) juga merupakan kategori jurnal di dunia Scopus yang memiliki pengaruh yang cukup kuat secara global.

Dalam daftar 100 jurnal internasional yang terdaftar di Scopus, jurnal yang masuk dalam kategori Q2 akan berada di posisi peringkat antara 26 hingga 50.

3. Q3 (Quartile 3)

Quartile 3 (Q3) adalah klasifikasi di dalam jurnal internasional Scopus yang memiliki pengaruh yang sedikit lebih rendah.

Dalam situasi di mana terdapat 100 jurnal yang terdaftar dalam indeks Scopus, jurnal yang terklasifikasi sebagai Q3 akan ditempatkan di antara peringkat 51 hingga 75 dalam daftar tersebut.

4. Q4 (Quartile4)

Pada quartile 4 (Q4), jurnal internasional ini hanya memberikan pengaruh yang minim dibandingkan dengan kategori lainnya.

Dari 100 jurnal yang terindeks oleh Scopus, jika sebuah jurnal berada dalam kategori Q4, itu akan ditempatkan di antara peringkat 76 hingga 100. Ini berarti jurnal tersebut termasuk dalam 25 jurnal terendah dalam daftar tersebut.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan dari kami seputar cara mencari jurnal di scopus. Semoga artikel yang kami buat bisa dipahami dan bermanfaat. Terimakasih!