Cara Memasukkan HKI di Sinta

Cara Memasukkan HKI di Sinta.

Hallo sobat Pusat Publikasi, Pada kali ini kami akan membahas seputar bagaimana cara memasukkan hki di Sinta dengan cepat dan mudah.

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merupakan bentuk perlindungan hukum terhadap hasil karya intelektual individu, seperti paten, merek, hak cipta, dan desain industri.

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan dan manfaat dari karya tersebut adalah dengan memasukkannya ke dalam pusat data Jurnal SINTA (Science and Technology Index), yaitu database jurnal ilmiah yang terakreditasi Kemenristek/BRIN.

Apa Itu HKI di Jurnal SINTA?

Apa Itu HKI di Jurnal SINTA?

Sebelum masuk ke pembahasan inti yaitu cara memasukkan hki di Sinta, sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu HKI di Jurnal SINTA.

Menginput HKI ke dalam database Jurnal SINTA akan memberikan perlindungan tambahan terhadap karya intelektual dan memberikan keuntungan lebih bagi pemilik HKI.

HKI yang tercatat di Jurnal SINTA akan dikenal oleh kalangan akademik, industri, dan masyarakat umum yang memiliki akses ke database tersebut. Ini dapat meningkatkan peluang kerjasama dan kesempatan bisnis bagi pemilik HKI.Top of Form

Syarat Memasukkan HKI di Jurnal SINTA

Syarat Memasukkan HKI di Jurnal SINTA

Agar bisa memasukkan HKI ke dalam database Jurnal SINTA, beberapa persyaratan perlu dipenuhi, yaitu:

  1. HKI harus sudah terdaftar di instansi resmi, seperti Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau Kementerian Hukum dan HAM.
  2. HKI yang akan diinput ke dalam database Jurnal SINTA harus berhubungan dengan hasil karya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. HKI harus mematuhi standar etika dan integritas ilmiah yang telah ditetapkan oleh Kemenristek/BRIN.”

Baca Juga: Template Jurnal Sinta

Cara Memasukkan HKI di Jurnal SINTA

Cara Memasukkan HKI di Jurnal SINTA

Langsung saja berikut ini adalah terdapat beberapa cara atau langkah untuk memasukkan HKI di dalam database jurnal SINTA:

1. Registrasi dan Masuk

Pengguna yang ingin menginput HKI ke dalam basis data Jurnal SINTA harus terlebih dahulu mendaftar dan masuk ke dalam sistem yang tersedia.

2. Pengisian Formulir   

Setelah masuk, pengguna diwajibkan untuk mengisi formulir dengan informasi terkait HKI, seperti judul, nomor pendaftaran, jenis HKI, dan keterangan lainnya.

3. Verifikasi Informasi

Setelah formulir diisi, sistem Jurnal SINTA akan melakukan verifikasi terhadap informasi tersebut. Jika data telah divalidasi, HKI akan dicatat dalam basis data.

4. Pengecekan Status HKI

Pemilik HKI dapat memeriksa status HKI yang sudah tercatat dalam basis data Jurnal SINTA melalui sistem yang tersedia.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Akhir Kata

Oke teman-teman Pusat Publikasi, mungkin itu saja pembahasan dari kami terkait cara memasukkan hki di Sinta dengan cepat dan mudah. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat. Terimakasih!


FAQ

Apa itu HKI dalam jurnal?

Hak Kekayaan Intelektual (HKI), didefinisikan sebagai hak untuk memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang HKI.

Apakah HKI termasuk karya ilmiah?

Ada empat jenis karya ilmiah yang akan diberi insentif yaitu karya ilmiah dalam bentuk buku, jurnal, prosiding internasional, dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Apakah buku termasuk HKI?

Buku sebagai objek dari HKI seseorang, yang perlindungannya diatur dalam perundang-undangan.