Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus, yang masih belum diketahui oleh banyak orang.

Scopus merupakan salah satu indeks jurnal terbesar di tingkat nasional. Scopus juga akan mengevaluasi dan memberikan penilaian terhadap setiap jurnal yang dimasukkan.

Scopus menggunakan istilah “kuartil” untuk mengelompokkan jurnal berdasarkan kualitasnya.

Saat ini, Scopus memiliki 4 kategori kuartil, yaitu kuartil 1 (Q1), kuartil 2 (Q2), kuartil 3 (Q3), dan kuartil 4 (Q4).

Pengelompokan ini dari yang terbaik hingga yang terendah, dengan Q1 sebagai yang terbaik dan Q4 sebagai yang terendah. Namun, setiap kuartil memiliki kegunaan yang berbeda.

Bagi kamu yang ingin mengetahui Cara Mendaftarkan Jurnal Ke Scopus Anda bisa kunjungi blog pusat pusatpublikasi.id atau klik teks biru di atas ya!

Apa Itu Scopus?

Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Sebelum membahas langkah-langkah untuk Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu Scopus.

Scopus merupakan salah satu platform database yang menyediakan informasi Abstrak dan kutipan dari berbagai literatur peer-review, termasuk buku, jurnal ilmiah, dan prosiding seminar.

Pusat data ini dapat digunakan untuk melihat penelitian yang telah dilakukan, dan dari sini kita juga dapat mengetahui kontribusi penelitian yang sedang kita lakukan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Nah, jika sudah mengetahui mengenai ap itu scopus, langsung saya ke pembahasan inti berikut pembahasan mari kita simak.

1. Melalui situs Scimago

  • Untuk memulai, Anda dapat mengunjungi situs web resmi dari ScimagoJr di “http://www.scimagojr.com”.
  • Setelah itu, langkah selanjutnya adalah pergi ke bagian pencarian dan masukkan judul jurnal yang Anda inginkan, lalu klik enter.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan daftar judul jurnal yang sudah memiliki reputasi dan sudah terindeks oleh scopus.
  • Penting untuk diketahui bahwa ada 4 warna yang menunjukkan indikator untuk setiap Quartilenya. Berikut ini adalah penjelasannya:
  1. Quartile 1 berwarna hijau
  2. Quartile 2 berwarna kuning
  3. Quartile 3 berwarna orange
  4. Quartile 4 berwarna merah

Perlu diingat, bahwa data yang terdapat di situs Scimago bukanlah real time, oleh karena itu bagi Anda yang ingin mendapatkan data terbaru, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

2. Situs Resmi Scopus

  • Langkah awal yang dapat Anda ambil adalah dengan mengakses situs resmi Scopus di “https://www.scopus.com/”.
  • Jika Anda sudah memiliki akun Scopus, Anda dapat langsung klik login. Namun jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu dengan mengklik “Create Account”.
  • Untuk langkah berikutnya, Anda dapat mengklik “Sources”.
  • Setelah itu, Anda akan melihat sejumlah kolom seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya, Anda dapat mencari berdasarkan kuartil yang diinginkan dengan memilih salah satu kolom kuartil yang tersedia.

Namun, jika Anda ingin mengetahui kuartil mana yang ingin dicari, Anda dapat langsung melihat kolom “Highest Percentile” seperti yang tertera di bawah ini.

  1. jurnal Quartile 1 memiliki percentile sebesar 75%-99%
  2. jurnal Quartile 2 memiliki percentile sebesar 50%-74%
  3. jurnal Quartile 3 memiliki percentile sebesar 25%-49%
  4. jurnal Quartile 4 memiliki percentile sebesar 0%-24%

Ingin Publikasi Jurnal Terbit Bulan Ini? Yuk, Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini! “KONSULTASI”

4 Tingkatan Jurnal Internasional Scopus

Positive young businesswoman showing her colleagues chart with financial report on tablet computer

1. Q1 (Quartile 1)

Kategori Quartile 1 (Q1) adalah tingkatan jurnal Internasional Scopus yang memiliki pengaruh paling signifikan dibandingkan dengan kategori-kategori lainnya.

Sebagai contoh, dalam suatu bidang khusus dengan 100 jurnal internasional yang terdaftar di Scopus, jurnal-jurnal dengan kategori Q1 umumnya mendapatkan peringkat antara 1-25, yang berarti mereka termasuk dalam 25 jurnal teratas.

2. Q2 (Quartile 2)

Jurnal internasional Scopus di Kategori Kuartil 2 (Q2) memiliki pengaruh yang cukup besar.

Misalnya, jika terdapat 100 jurnal internasional yang diindeks oleh Scopus, jurnal-jurnal Q2 akan berada di peringkat 26-50.

3. Q3 (Quartile 3)

Kategori Quartile 3 (Q3) adalah tingkatan jurnal internasional Scopus yang memiliki dampak yang lebih terbatas.

Dalam sebuah contoh dengan 100 jurnal internasional yang diindeks oleh Scopus, jurnal-jurnal dengan kategori Q3 akan berada di peringkat 51-75.

4. Q4 (Quartile 4)

Jika kita memiliki daftar 100 jurnal yang terindeks di Scopus, maka jurnal-jurnal dengan kategori Quartile 4 (Q4) akan berada di peringkat 76-100, atau dengan kata lain, merupakan 25 jurnal paling rendah.

Ingin Publikasi Jurnal Terbit Bulan Ini? Yuk, Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini! “KONSULTASI”

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian pembahasan kami mengenai Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Terimakasi.


Apa itu Scopus Q1 Q2 Q3?

Dalam jurnal terindeks Scopus terdapat 4 tingkatan, diantaranya yaitu sebagai berikut. Quartile 1 (Q1), jurnal dengan kategori Q1 terdapat pada peringkat 1-50. Quartile 2 (Q2), jurnal dengan kategori Q2 terdapat pada peringkat 51-100. Quartile 3 (Q3), jurnal dengan kategori Q3 terdapat pada peringkat 101-150

Apa yang dimaksud dengan indeks Scopus?

SCOPUS adalah layanan indeksasi dan penyedia database jurnal terbesar saat ini. Layanan SCOPUS tersebut berada di bawah naungan Elsevier, sebuah organisasi atau perusahaan penerbit publikasi ilmiah internasional yang kini berbasis di Amsterdam, Belanda yang berdiri sejak 1880.

Cek Scopus dimana?

Buka laman scopus. Klik menu search lalu masukkan nama serta afiliasi Anda. Jika nama Anda sudah muncul, klik kanan mouse lalu klik View page sources.