Cara Lolos Jurnal Sinta 2

Cara Lolos Jurnal Sinta 2

Bagi kalian yang sedang mencari cara lolos jurnal Sinta 2, yuk simak artikel di bawah ini sampai selesai agar mendapatkan jawabannya.

Para peniliti tentunya harus melakukan publikasi jurnal untuk membagikan temuannya kepada dunia ilmiah.

Nah, para peniliti di Indonesia sering kali melakukan publikasi jurnal Sinta 2 yang menjadi target utama karena indeks tersebut memiliki kualitas tinggi dan berdampak besar. Akan tetapi, artikel yang lolos ke jurnal Sinta 2 tersebut bukanlah hal yang mudah.

Hal itu diperlukan strategi yang efektif dan pemahaman publikasi yang dalam. Nah, pada artikel kali ini akan membahas apa itu jurnal Sinta 2, langkah-langkahnya, dan keuntungan yang diraih bagi yang lolos ke jurnal kategori tersebut.

Apa Itu Jurnal Sinta 2?

Apa Itu Jurnal Sinta 2

Jurnal Sinta 2 adalah sebuah indeks yang diciptakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) di Tanah Air.

Indeks ini membuktikan jurnal-jurnal yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar publikasi ilmiah yang sudah ditetapkan.

Jurnal yang masuk ke dalam kategori Sinta 2 ini telah melewati proses penilaian yang ketat, termasuk peer-review oleh para ahli di bidangnya.

Cara Lolos Jurnal Sinta 2 yang Efektif

Cara Lolos Jurnal Sinta 2 yang Efektif

Setelah memahami apa itu jurnal Sinta 2, maka kami akan membahas terkait cara lolos Jurnal Sinta 2 dengan mudah dan berhasil.

Simak berikut ini adalah cara lolos jurnal Sinta 2:

1. Memperhatikan Kriteria Penilaian

Sebelum melakukan pengajuan jurnal untuk masuk ke dalam kategori Sinta 2, kalian harus memperhatikan terlebih dahulu kriteria penilaiannya yang sudah ditetapkan oleh Kemenristek/BRIN.

2. Meningkatkan Kualitas Penulis

Kalian harus meningkatkan kualitas penulis agar jurnal bisa diterima sebagai jurnal Sinta 2. Untuk caranya dapat dilakukan dengan meningkaykan kualitas penulisan, melakukan riset, dan memastikan aspek-aspek keilmuan yang relevan.

3. Meningkatkan Kualitas Editorial

Faktor penting selanjutnya adalah meningkatkan kualitas editorial agar proses pengajuan jurnal untuk diakreditasi menjadi jurnal Sinta 2. Namun, kualitas editorial harus memiliki standar yang sudah ditetapkan oleh Kemenristek/BRIN. Hal ini harus memenuhi kualitas editor, pemilihan artikel, dan proses editing.

4. Memperhatikan Kualitas Artikel yang Dipublikasikan

Setelah meningkatkan kualitas editorial, kalian juga harus memperhatikan kualitas artikel yang dipublikasikan agar proses pengajuan jurnal untuk diakreditasi menjadi jurnal Sinta 2. Artikel yang dipublikasikan tentunya harus memiliki standar yang ditetapkan oleh Kemenristek/BRIN. Hal ini mencakup metode penilitian yang baik, data yang akurat, dan analisi yang tepat.

5. Meningkatkan Kualitas Review

Memastikan kualitas review juga perlu ditingkatkan karena hal ini menjadi faktor penting dalam proses pengajuan jurnal untuk diakreditasi menjadi jurnal Sinta 2.  Hal ini sering kali dilakukan oleh reviewer yang terkualifikasi, dilakukan dengan waktu yang teoat, dan memberikan saran untuk penulis.

6. Mengikuti Prosedur Pengajuan Jurnal ke SINTA 2

Jika sudah memastikan kriteria penilaian dan peningkatan kualitas jurnal, langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah mengikuti prosedur pengajuan jurnal ke Sinta 2. Hal ini bisa dilakukan melalui portal resmi Sinta yang sudah disiapkan oleh Kemenristek/BRIN.

Baca Juga: Template Jurnal Sinta

CALL FOR PAPER JURNAL SINTA 2, 3, 4, 5, 6 Terbit Bulan Ini

Kami di Pusat Publikasi memahami kebutuhan Anda untuk menerbitkan jurnal dengan cepat dan tanpa repot. Dengan pengalaman mengelola lebih dari 8 jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi, kami siap membantu Anda.

Mengapa Memilih Pusat Publikasi?

  • Pengalaman dan Kredibilitas: Kami telah berpengalaman mengelola jurnal-jurnal bereputasi dan terakreditasi Dikti.
  • Publikasi Cepat: Kami menyediakan layanan publikasi jurnal internasional yang bisa terbit setiap bulan.
  • Layanan Lengkap: Mulai dari publikasi di jurnal internasional Scopus, Copernicus, hingga layanan translate jurnal dan cek plagiasi dengan Turnitin.

Layanan Tambahan yang Kami Tawarkan

Selain publikasi jurnal, kami juga menyediakan berbagai layanan pendukung:

  • Jasa Publikasi Jurnal Internasional Scopus
  • Jasa Publikasi Jurnal Internasional Copernicus
  • Publikasi di DOAJ
  • Pengurusan HAKI
  • Jasa Translate Jurnal
  • Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi
  • Cek Plagiasi Menggunakan Turnitin

Konsultasi Gratis!

Untuk membantu Anda lebih lanjut, kami menawarkan sesi konsultasi gratis terkait publikasi jurnal internasional. Klik tombol WhatsApp di bawah ini dan hubungi kami sekarang juga!

Keuntungan Lolos Jurnal Sinta 2

Lolos ke jurnal kategori Sinta 2 memiliki beberapa keuntungan yang signifikan, diantaranya:

  1. Memberikan validasi dan pengakuan kualitas penelitian oleh para ahli di bidangnya.
  2. Dapat meningkatkan reputasi peneliti dan institusi yang terkait dengan penelitian tersebut.
  3. Penyebaran penelitian dan temuan ilmiah kepada audiens yang lebih luas
  4. Mendapatkan akses ke dana penelitian yang lebih besar dan peluang kolaborasi yang berharga dengan peneliti lain di dalam dan luar negeri.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan dari kami terkait bagaimana cara lolos jurnal Sinta 2 yang efektif, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua.


FAQ

Biaya Sinta 2 Berapa?

Biaya jasa publikasi jurnal SINTA 2 dapat berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 20 juta. 

Sinta 2 nilainya berapa?

Sinta 2 (S2) dengan nilai (n), 70 (tujuh puluh) ≤ n < 85 (delapan puluh lima). 

Publikasi jurnal Sinta 2 berapa lama?

Melakukan publikasi jurnal Sinta 2 berkisar antara 6 bulan – 1 tahun lamanya.