Apa Itu Scopus

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa itu scopus, Maka anda datang ke artikel yang tepat, karena pada pembahasan kali ini kami akan membahasnya secara detail berikut pembahasannya mari kita simak.

Bagi para akademisi, jurnal ilmiah atau jurnal akademik merupakan salah satu hal yang sangat familiar.

Jurnal ini berisi artikel-artikel yang diterbitkan secara berkala, entah itu bulanan, seperempat tahun, atau bahkan tahunan.

Artikel-artikel tersebut berasal dari hasil penelitian yang kemudian dikumpulkan ke berbagai pusat data untuk memantau perkembangan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Pusat data ini sangat penting untuk mengetahui seberapa banyak peneliti yang aktif, apakah penelitian yang dilakukan memiliki dampak yang signifikan, dan juga untuk menentukan tempat terbaik untuk menerbitkan artikel ilmiah.

Dengan adanya pusat data, para peneliti dapat melihat tren penelitian yang sedang diminati dan memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan penelitian mereka.

Salah satu database yang sangat populer di kalangan akademisi adalah Scopus merupakan mesin pencarian artikel ilmiah dan jurnal yang banyak digunakan untuk menerbitkan jurnal.

Selain Scopus, masih ada banyak database lain seperti WOS, Ebsco, ProQuest, dan lainnya yang juga dapat digunakan untuk mencari artikel ilmiah.

Semua ini bertujuan untuk memudahkan para peneliti dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan untuk mengembangkan penelitian mereka.

Bagi kamu yang ingin mengetahui Cara Mendaftarkan Jurnal Ke Scopus Anda bisa kunjungi blog pusat pusatpublikasi.id atau klik teks biru di atas ya!

Apa Itu Scopus

Apa Itu Scopus

Esaunggul.ac.id, Scopus merupakan basis data jurnal ilmiah yang dikelola oleh perusahaan informasi ilmiah Elsevier.

Diluncurkan pada tahun 2004, mengindeks lebih dari 24.000 jurnal ilmiah, konferensi, dan seri buku dari lebih dari 5.000 penerbit di seluruh dunia.

Beberapa jurnal di Scopus dapat diakses secara gratis, sementara yang lainnya memerlukan biaya untuk mengakses artikel-artikel tersebut.

Scopus memiliki sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh jurnal yang ingin terindeks, seperti proses review yang ketat, tim review yang terdiri dari ahli di bidang yang relevan, serta akreditasi atau keanggotaan di organisasi jurnal ilmiah terkemuka.

Jurnal yang terindeks dikenal sebagai jurnal terakreditasi dan memiliki tingkat pengaruh yang dapat diukur melalui Scrimago Journal Rank (SJR).

Selain menyajikan karya ilmiah, Scopus juga menampilkan data hak paten dari berbagai penelitian di seluruh dunia dan memberikan layanan untuk mengevaluasi apakah suatu jurnal memiliki dampak yang signifikan atau tidak.

Ingin Publikasi Jurnal Terbit Bulan Ini? Yuk, Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini! “KONSULTASI”

Syarat Jurnal yang Terindeks Scopus

Apa Itu Scopus

Untuk mengetahui jurnal yang terindeks Scopus, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan.

  1. Pertama, jurnal harus berfokus pada topik yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipilih dan relevan dengan kualitas tulisan.
  2. Selain itu, jurnal juga harus menggunakan bahasa yang standar dan dapat dipahami oleh pembaca internasional.
  3. Selain itu, kebaruan dari jurnal juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.
  4. Jurnal harus memiliki kebaruan yang cukup tinggi untuk menarik perhatian pembaca.
  5. Pastikan juga untuk menghormati deadline yang ditetapkan oleh jurnal dan menghindari plagiarisme dalam penulisan jurnal.
  6. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas tulisan yang baik dan benar-benar memperhatikan detail penelitian yang sedang ditulis.

Pastikan untuk memeriksa dengan teliti templating jurnal yang Anda buat, karena persyaratan templating di jurnal Scopus sangat ketat dan berbeda dengan jurnal biasa.

Selain bekerja sama dengan penerbit terkemuka, Anda juga bisa mencari panduan lain yang dapat membantu Anda menulis jurnal sesuai dengan standar.

Fungsi Scopus

Apa Itu Scopus

Peran utama dari Scopus adalah sebagai platform yang mengintegrasikan semua artikel ke dalam satu tempat, serta sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja peneliti dari berbagai negara.

Scopus juga dilengkapi dengan sistem peringkat yang dikenal sebagai Scrimago Journal Rank (SJR) yang digunakan untuk menilai kualitas suatu artikel ilmiah.

Selain Scopus, terdapat berbagai layanan indeksasi artikel ilmiah lainnya. Di Indonesia, jurnal yang terdaftar di Scopus dianggap memiliki kualitas yang tinggi dan diakui secara internasional.

Hal ini menunjukkan pentingnya pengindeksan dalam menentukan kredibilitas dan kualitas suatu jurnal ilmiah.

Ingin Publikasi Jurnal Terbit Bulan Ini? Yuk, Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini! “KONSULTASI”

Tingkatan Jurnal Scopus

Positive young businesswoman showing her colleagues chart with financial report on tablet computer

Setelah memahami apa itu jurnal scopus, mari kita pelajari tentang tingkatan jurnal scopus.

Menurut informasi dari situs web ui.ac.id, Scopus mengelompokkan kualitas jurnal ke dalam 4 kuartil.

Kuartil 1 adalah yang memiliki kualitas terbaik, diikuti oleh kuartil 2-4. Scopus menggunakan berbagai parameter untuk mengklasifikasikan jurnal ke dalam kuartil 1-4.

Q1 (Kuartil 1)

Kategori Quartile 1 (Q1) adalah kategori yang memiliki dampak paling besar bagi jurnal Internasional dibandingkan dengan kategori lainnya.

Sebagai contoh, dari 100 jurnal internasional di berbagai bidang yang terdaftar jurnal Q1 biasanya mendapatkan peringkat antara 1-25, yang dapat dianggap sebagai 25 tulisan ilmiah tertinggi.

Q2 (Kuartil 2)

Kuartil kedua (Q2) adalah tingkat jurnal internasional, dengan dampak yang cukup signifikan. Dari 100 jurnal internasional, jurnal Q2 ini berada di peringkat 26-50.

Q3 (kuartil 3)

Quartile 3 (Q3) adalah tingkatan yang memiliki pengaruh yang lebih rendah di antara jurnal-jurnal internasional.

Dalam kasus di mana terdapat 100 jurnal yang berhasil terindeks, jurnal-jurnal dengan peringkat Q3 berada di posisi 51-75.

Q4 (kuartil 4)

Untuk kategori kuartil terakhir (Q4), tingkat dampak jurnal internasional lebih rendah dibandingkan dengan kategori lainnya.

Jika ada daftar 100 jurnal yang terindeks maka Q4 akan berada di peringkat 76-100, atau dengan kata lain, merupakan 25 tulisan terbawah dalam daftar tersebut.

Ingin Publikasi Jurnal Terbit Bulan Ini? Yuk, Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini! “KONSULTASI”

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian pembahasan kami mengenai Apa Itu Scopus, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih.