Cara Index DOAJ

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana Cara Index DOAJ, anda dapat menemukan informasinya di sini! Ayo kita simak!

Sebagaimana yang telah kita ketahui, Cara Index DOAJ atau Direktori Open Access Jurnal merupakan salah satu indeks jurnal yang telah mendapat pengakuan di seluruh dunia. Banyak artikel berkualitas yang telah terdaftar di portal DOAJ.

Karena alasan tersebut, saat ini DOAJ menjadi pilihan utama bagi para pengelola jurnal.

Alasan yang sering kali mendasari hal tersebut adalah agar artikel yang dimuat dalam jurnal dapat diakses oleh lebih luas di seluruh dunia.

Bagi kamu yang ingin mengetahui Perbedaan DOAJ dan Scopus Anda bisa kunjungi blog pusat pusatpublikasi.id atau klik teks biru di atas ya!

Sekilas Tentang DOAJ

Direktori Jurnal Akses Terbuka (DOAJ) adalah situs web yang berisi daftar jurnal akses terbuka, yang dikelola oleh Layanan Infrastruktur untuk Akses Terbuka (IS4OA).

DOAJ mendefinisikan jurnal akses terbuka sebagai jurnal ilmiah yang memenuhi standar kualitas tinggi melalui proses tinjauan sejawat atau kontrol kualitas editorial, dan menggunakan model pendanaan yang tidak membebankan biaya kepada pembaca atau institusi mereka.

Definisi “Akses Terbuka” oleh Budapest Open Access Initiative digunakan untuk memberikan hak yang diperlukan kepada pengguna, untuk jurnal yang termasuk dalam DOAJ, sebagai hak untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke rencana ini.

Maksud dari DOAJ adalah “untuk meningkatkan eksposur dan keterjangkauan jurnal ilmiah dan ilmiah akses terbuka, sehingga dapat meningkatkan penggunaan dan pengaruhnya terhadap ilmu pengetahuan di seluruh dunia”.

Penting untuk Anda ketahui bahwa pada bulan Maret 2015, database DOAJ mencakup daftar 10.000 jurnal.

Secara umum, rata-rata empat jurnal telah disertakan setiap harinya pada tahun 2012. Pada bulan Mei 2016, DOAJ mengumumkan bahwa sekitar 3.300 jurnal telah dihapus dari database mereka sebagai langkah untuk meningkatkan keandalan daftar mereka.

Jurnal yang telah dihapus dapat mengajukan permohonan ulang sebagai bagian dari proses yang berkelanjutan.

Pada tanggal 25 Februari 2018, jumlah jurnal yang terdapat di basis data saat ini mencapai sekitar 11.210.

Oleh karena itu, DOAJ sekarang menjadi pilihan utama bagi para pengelola jurnal.

Alasan utama adalah bahwa artikel yang dimuat di jurnal ilmiah dapat memiliki jangkauan yang luas di seluruh dunia.

Ingin Publikasi Jurnal Terbit Bulan Ini? Yuk, Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini! “KONSULTASI”

Berikut Cara Index DOAJ Yang Wajib Kamu Lakukan Agar Cepat Diterima!

Kini, dalam bagian ini kami akan menyajikan beberapa metode indeks DOAJ agar jurnal yang Anda kelola dapat diterima dengan cepat.

Mohon perhatikan urutan langkah-langkah berikut ini:

1. Tahap Awal

Dalam mengindeks jurnal anda di DOAJ, persiapkan terlebih dahulu informasi mengenai website jurnal yang anda kelola untuk memastikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh DOAJ.

Dengan demikian, kita dapat mempermudah Manajer Jurnal dalam mengirimkan formulir pendaftaran.

Di sini, kita dapat mengatur pengaturan dengan menggunakan akun Manajer Jurnal pada OJS dengan cara menambahkan blok pada Plugin Manajemen Blog Kustom.

Nah, di sini kami akan memberikan Anda sebuah Kode HTML untuk menyesuaikan blog & Halaman statis yang bisa Anda gunakan.

  • Unduhlah kode HTML Custom Block.
  • Mengunduh kode HTML Halaman Statis

2. Prosedur Menambahkan Blok:

  • Pertama-tama, diharapkan untuk masuk sebagai Journal Manager.
  • Setelah itu, silakan klik pada opsi Pengaturan Website.
  • Klik Plugins dan kemudian pilih Custom Blog Manager.

3. Tahapan-Tahapan Penambahan Halaman Statis :

  • Pertama-tama, mohon masuk ke Journal Manager.
  • Selanjutnya, pilih Pengaturan Website.
  • Kemudian pilih Halaman Statis

4. Langkah-langkah untuk mengakses Indeks DOAJ:

  • Pertama-tama, mohon tekan tombol Register / Daftar.
  • Setelah itu, silakan melengkapi formulir yang diminta.
  • Setelah itu, mohon masukkan email konfirmasi (email ini digunakan untuk berkomunikasi antara Pengelola Jurnal dan Reviewer DOAJ).
  • Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol Save / Simpan.
  • Setelah penyelesaian, maka Anda diharapkan untuk menunggu ulasan dari pihak DOAJ. Paling lama 6 bulan.

Pada titik tersebut, Anda akan menerima umpan balik tentang penggantian atau perbaikan komponen-komponen dalam jurnal OJS Anda dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Satu hari, satu minggu, satu bulan, dan tanpa batas waktu.

Ingin Publikasi Jurnal Terbit Bulan Ini? Yuk, Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini! “KONSULTASI”

Manfaat DOAJ

Cara Index DOAJ

Setelah memahami prosedur untuk mengindekskan jurnal di DOAJ, penting untuk memahami berbagai manfaat yang akan diperoleh dengan memiliki jurnal yang terindeks di DOAJ.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca lanjutannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Nilai Akreditasi Jurnal Ilmiah

Jurnal yang terdaftar di DOAJ dapat dikatakan telah memenuhi standar tata kelola jurnal ilmiah, sehingga jurnal-jurnal tersebut memiliki keunggulan karena adanya proses review oleh para ahli jurnal.

Berdasarkan panduan akreditasi jurnal Ristekdikti, dalam hal evaluasi diseminasi, jurnal yang berhasil terindeks DOAJ akan diberikan 3 poin dari skor maksimal 4.

Dapat dikatakan bahwa pencapaian ini merupakan hal yang positif, bukan tidak baik Nilai ini dapat ditingkatkan dan memperhitungkan berbagai aspek penilaian unsur lainnya. 

2. Perolehan Angka Kredit Maksimal 20 KUM.

Jurnal yang terdaftar di DOAJ dapat dikatakan telah memenuhi standar tata kelola jurnal ilmiah, sehingga jurnal-jurnal tersebut memiliki keunggulan karena adanya proses review oleh para ahli jurnal.

Berdasarkan panduan akreditasi jurnal Ristekdikti, dalam hal evaluasi diseminasi, jurnal yang berhasil terindeks DOAJ akan diberikan 3 poin dari skor maksimal 4.

Dapat dikatakan bahwa pencapaian ini merupakan hal yang positif, bukan tidak baik. Nilai ini dapat ditingkatkan dan memperhitungkan berbagai aspek penilaian unsur lainnya.

3. Meningkatkan Traffic Kunjungan Ke Website Jurnal

Seperti yang disebutkan dalam laman doaj.org, DOAJ menyediakan database artikel jurnal. DOAJ dapat diakses dari seluruh wilayah di Indonesia. Dapat diakses oleh masyarakat umum di manapun.

Saat pengguna mencari informasi menggunakan DOAJ untuk mencari artikel yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan, mereka hanya perlu memasukkan variabel yang dibutuhkan dan DOAJ akan menampilkan judul artikel, file PDF, dan informasi jurnal yang relevan.

Saat Anda mengeklik jurnal, secara otomatis Anda akan diarahkan ke situs web jurnal, sehingga dapat meningkatkan kunjungan ke situs web jurnal tersebut.

4. Membantu Penerbit Untuk Mengadopsi Cara-Cara Terbaik Dalam Pengelolaan Jurnal dan Membuat Jurnal Lebih Atraktif (doaj.org)

Kita semua mengetahui bahwa DOAJ ini merupakan kumpulan jurnal yang memenuhi persyaratan kelayakan yang sangat ketat.

Jurnal yang tidak memenuhi persyaratan akan dikenai sanksi berupa penghentian indeks. Penerbit dan pengelola jurnal perlu memperhatikan hal tersebut.

Apabila kita mengamati jurnal yang terdaftar di DOAJ, dapat dilihat peningkatan dalam kreativitas pengelolaan jurnal tersebut.

Melakukan pengamatan terhadap praktik terbaik dalam pengelolaan jurnal lain sangat penting untuk kemajuan jurnal yang sedang dikelola.

5. Mempermudah Pencarian Referensi

DOAJ dapat dimanfaatkan oleh para pencari informasi, seperti peneliti, pengajar, dan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian akademis atau penulisan tugas akhir, untuk menemukan referensi yang relevan.

Informasi terbaru yang relevan dengan penelitian dapat ditemukan secara langsung di Direktori Open Access Jurnal (DOAJ).

Sangatlah mudah bagi para peselancar DOAJ untuk menemukan referensi yang mereka perlukan.

Ingin Publikasi Jurnal Terbit Bulan Ini? Yuk, Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini! “KONSULTASI”

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian pembahasan kami mengenai Cara Index DOAJ, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat unutk kita semua, Terimakasih