Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional, berikut pembahasannya mari kita simak.

Bagi kamu yang ingin mengetahui Cara Publikasi Jurnal di Sinta Anda bisa kunjungi blog pusat pusatpublikasi.id atau klik teks biru di atas ya!

Sebelum masuk ke pembahasan alangkah baiknya anda harus mengetahui Pengertian ISSN Jurnal terlebih dahulu berikut pembahasannya di bawah ini.

Pengertian ISSN Jurnal

Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional

ISSN Jurnal merupakan salah satu kode unik yang akan di berikan Internasional Standard Serial Number (ISSN) untuk setiap jurnal yang diterbitkan secara berkala.

Biasanya ada delapan kode digit yang dapat di akses yang bisa di gunakan oleh publik sebagai refereni untuk mengidentifikasikan jurnal yang tertentu.

ISSN merupakan salah satu jurna yang sangat setandar internasional yang telah dikirimkan dari 100 negara di seluruh dunia.

ISSN jurnal adalah sebuah sistem identifikas yang setandar yang kan di gunakan untuk mengidentifikasi sebuah jurnal yang akan diterbitkan secara berkala.

Kode ISSN terdapat delapan digit,  yang mewakili komponen informasi berikut ini:

Dua digit pertama menunjukkan bahasa publikasi, diikuti empat digit menunjukkan judul publikasi, dan dua digit terakhir adalah digit pengecekan.

Setiap jurnal yang didaftarkan untuk ISSN akan menerima kode unik yang hanya berlaku untuk jurnal tersebut.

Kode ini dapat digunakan oleh pihak tertentu untuk mencari atau mengidentifikasi jurnal tertentu.

Jurnal ISSN merupakan standar internasional yang diterima oleh lebih dari 100 negara di dunia.

7 Cara Mencari Jurnal ISSN

Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional

Namun, tidak semua jurnal terbitan para peneliti di Indonesia dan dunia memiliki ISSN. Tidak wajib memiliki ISSN.

Sebab, jika peneliti mendaftarkan ISSN tersebut maka dapat menjadi nilai tambah bagi kualitas jurnal tersebut.

Hal ini akan mendorong majalah untuk mendapatkan lebih banyak referensi dan menerima pengakuan yang besar.

Karena tidak semua jurnal sudah memiliki ISSN, masih banyak masyarakat yang bingung bagaimana cara mengecek ISSN jurnal internasional.

Apakah saat ini kita sedang berada dalam situasi tersebut? Langkah-langkah berikut mungkin bisa menjadi solusinya:

1. Mencari Jurnal Di Perpustakaan

Untuk mengecek ISSN suatu jurnal internasional, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mencari di perpustakaan saja.

Pertama, sebaiknya dimulai dengan mencari di perpustakaan kampus, biasanya semua dosen yang melakukan publikasi sudah memiliki ISSN yang diperlukan.

Pastikan koleksi jurnal di perpustakaan kampus mempunyai nomor ISSN, Bagaimana jadinya jika koleksi perpustakaan tidak terlalu lengkap?

Jumlah majalah cetak sebenarnya tidak terlalu banyak, sehingga majalah elektronik juga bisa tersedia di perpustakaan online.

Salah satunya di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas, Website resmi sumber virtual perpustakaan nasional dapat diakses di http://e-resources.perpusnas.go.id/

2. Jurnal Di IPI

Apabila jurnal ISSN yang dibutuhkan tidak ditemukan di website Perpusnas, maka dapat beralih ke IPI.

Masih asing dengan istilah IPI?

IPI merupakan portal resmi milik Portal Garuda. IPI juga dapat dianggap sebagai tujuan untuk menemukan lebih banyak jurnal online dan tentunya memiliki koleksi yang lebih banyak dengan nomor ISSN.

Fitur online Portal Garuda membuatnya mudah diakses pada waktu yang nyaman bagi pengguna.

Bahkan mampu menemukan referensi bila diperlukan dan koleksi yang bisa disebut cukup lengkap.

Apalagi jika jurnal yang diterbitkannya berkualitas tinggi dan terakreditasi sebagian besar serta masuk dalam database jurnal internasional bereputasi.

3. Mencari Jurnal ISSN Di LIPI

Untuk konfirmasi ISSN Jurnal Internasional dapat mengunjungi website resmi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Merupakan lembaga penelitian dan juga menyediakan portal atau website khusus untuk membantu siapa saja mendapatkan akses terhadap jurnal bereputasi dan terakreditasi.

Saat kita mencari jurnal ISSN, baik yang ditulis oleh peneliti Indonesia maupun peneliti dari berbagai negara di dunia.

Kemudian Anda dapat mengunjungi situs resmi LIPI yang sebagian besar gratis. Sebab LIPI sendiri sudah melakukan pembelian untuk berlangganan majalah ternama dan terakreditasi, namun sifatnya berbayar.

4. Mengakses Situs DOAJ

Untuk memastikan apakah suatu jurnal internasional memiliki ISSN yang benar, Anda dapat menemukannya dengan mencari jurnal tersebut secara online di website DOAJ (Direktori Jurnal Akses Terbuka).

Situs ini akan menyediakan puluhan ribu jurnal akses terbuka, sehingga memungkinkan siapa saja membaca, mengunduh, dan mempelajarinya. Saat ini sudah tersedia sekitar 20.000 jurnal open access.

Sehingga membuka banyak peluang untuk menemukan jurnal yang diinginkan atau dibutuhkan untuk subjek penelitian dan karya tulis.

Fitur menarik dari DOAJ adalah tidak hanya menyediakan akses ke puluhan ribu jurnal Tersedia juga fasilitas untuk mencari artikel ilmiah yang mungkin relevan dengan subjek penelitian saat ini.

Selama ini DOAJ bisa menjadi tujuan untuk mencari referensi yang lebih berkualitas, dan sebagian besar jurnalnya sudah memiliki nomor ISSN.

5.  Mengecek Di Google Scholar

Google Cendekia juga akan menjadi bagian dari daftar cara mencari jurnal ISSN secara online.

Website portal jurnal milik Google ini sangat populer dan menjadi tujuan populer bagi para dosen, mahasiswa dan cendekiawan yang mencari referensi akademik yang berkualitas. Jurnal ini juga dapat diunduh secara gratis dan biasanya dalam format PDF.

Memang sebagian besar jurnal di sini sudah memiliki ISSN sehingga sangat kredibel sebagai referensi penelitian dan penulisan karya akademis.

Tidak hanya jurnal, Google Scholar juga menawarkan referensi ilmiah jenis lain. Misalnya tesis, disertasi, makalah, dll dapat diunduh atau diekspos untuk dibaca secara gratis.

6. Berkunjung Ke Situs Pubmed Central

Jadi Anda dapat mengakses PubMed Central, yang secara khusus predukana mengakses ke jurnal-jurnal medokkaran kualitas dari seluh dunia.

Jurnal di sini juga cukup lengkap dan terjamin kualitas dan kredibilitasnya.

PubMed Central, yang dikembangkan oleh AS. Perpustakaan Kedokteran Nasional, dan dikelola dengan sangat profesional.

Desain situsnya sederhana dan mudah dipahami, serta proses pencarian jurnal juga cukup cepat karena sifat situs yang ringan.

Banyak juga jurnal kesehatan yang bisa ditemukan di sini dan dapat diakses tanpa biaya, kecuali mitos data.

7. Mencari Di IOSR

Mencari jurnal pendidikan dengan nomor ISSN merupakan salah satu cara untuk mencari jurnal dengan nomor ISSN pada bidang ini di IOSR.

IOSR atau Organisasi Penelitian Ilmiah Internasional adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan jurnal berkualitas.

Di sini juga tersedia jurnal pendidikan yang ditulis oleh peneliti di seluruh dunia dan menggunakan bahasa yang disetujui oleh PBB.

Fungsi ISSN Jurnal

Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional

Jurnal ISSN mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

1. Memberikan identifikasi

Nomor ISSN suatu jurnal digunakan untuk mengidentifikasi jurnal secara unik dan konsistenMembantu peneliti, penerbit dan pengelola perpustakaan untuk mengakses informasi tentang jurnal yang mereka butuhkan.

2. Pencarian

Jurnal ISSN membuat pencarian jurnal menjadi mudah dan cepat. Para peneliti dan pengelola perpustakaan dapat menggunakan ISSN suatu jurnal untuk mencari jurnal tertentu yang mereka butuhkan.

3. Untuk Menghindari Duplikasi

ISSN (International Standard Serial Number) jurnal juga berfungsi sebagai upaya preventif terhadap duplikasi publikasi jurnal.

Dengan ISSN suatu jurnal, suatu penerbit dapat menjamin bahwa jurnal yang diterbitkannya tidak memiliki ISSN yang sama dengan jurnal lain.

4. Memudahkan Pengelolaan Perpustakaan

Jurnal ISSN juga memudahkan pengelolaan perpustakaan. Perpustakaan dapat menggunakan ISSN terbitan berkala untuk mengatur koleksi terbitan berkalanya dan untuk mengidentifikasi terbitan berkala yang hilang atau rusak.

5. Standar Internasional

Jurnal ISSN merupakan standar internasional yang diakui di seluruh dunia Ini memfasilitasi kerja sama internasional dalam pertukaran informasi dan jurnal antar negara.

Proses Pendaftaran ISSN Jurnal

Tambahan sedikit namun penting lainnya yang harus Anda ketahui selain mengetahui cara mencari jurnal.

Proses pendaftaran ISSN suatu jurnal dapat dilakukan oleh penerbit atau pengelola jurnal. Tata cara pendaftaran jurnal ISSN melalui beberapa tahapan, yaitu:

1. Kirim lamaran

Penerbit atau editor jurnal harus mengajukan permohonan nomor ISSN jurnal ke Pusat ISSN. Lamaran dapat diajukan secara online melalui website ISSN Center.

2. Konfirmasi Data

Setelah menerima permohonan, Pusat ISSN akan memverifikasi data dan informasi yang diberikan.

Jika data dan informasi yang diberikan sesuai standar dan akurat, maka pusat ISSN akan menetapkan jurnal ISSN.

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini mengenai Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih.