Aplikasi Pencari Jurnal

Halo sobat Pusat Publikasi, pada pertemuan kali ini kami akan membahas aplikasi pencari jurnal yang perlu masyarakat ilmiah ketahui.

Mengenal Apa Itu Jurnal

Sebelum masuk ke pemmbahasan utama tentang aplikasi penccari jurnal, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu pengertian dari jurnal itu sendiri:

Jurnal merupakan publikasi atau catatan tertulis yang memuat hasil penelitian, pemikiran, atau catatan seseorang maupun kelompok dalam bidang tertentu.

Para akademisi, peneliti, atau praktisi pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah jurnal nasional dan jurnal internasional.

Jurnal internasional adalah publikasi yang dibuat dalam bentuk artikel dengan cakupan target audiens global. Jurnal Internasional biasanya berisi 4 artikel yang diterbitkan secara berkala sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Sedangkan jurnal nasional adalah majalah ilmiah yang ditulis dengan kaidah ilmiahdan memiliki International Standard Serial Number (ISSN).

Aplikasi Pencari Jurnal Nasional dan Internasional

Aplikasi Pencari Jurnal

Aplikasi pencari jurnal memiliki peran yang sangat penting ketika kamu kebingungan saat mencari jurnal untuk keperluan tugas atau referensi pennelitian.

Kini, jurnal tak hanya tersedia dalam bentuk cetak, jurnal juga tersedia dalam bentuk PDF yang bisa dibaca dan diunduh secara online.

Adapun beberapa aplikasi pencari jurnal yang bisa kamu gunakan sebagai berikut:

1. Google Scholar

Google Scholar, atau Google Cendekia, sudah pasti tidak asing lagi bagi banyak orang. Situs ini memudahkan kamu dalam mencari beragam literatur ilmiah. 

Melalui Google Scholar, kamu bisa mengatur hasil pencarian sesuai kebutuhan, seperti membatasi kisaran tahun atau mengurutkannya berdasarkan tanggal publikasi. 

Literatur yang muncul di bagian atas hasil pencarian umumnya yang paling relevan dengan kata kunci yang kamu masukkan.

3. ResearchGate

Seperti halnya ScienceDirect, ResearchGate menyediakan berbagai bahan bacaan ilmiah yang dapat membantu pemahamanmu dalam menyelesaikan tugas atau riset. 

Di ResearchGate, kamu bisa menemukan lebih dari 160 juta publikasi dan 25 juta peneliti yang ahli di bidangnya. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur ‘Question’ untuk bertanya mengenai riset atau topik yang kurang kamu pahami. Ada banyak pertanyaan dan jawaban yang dapat kamu simak untuk memperkaya pengetahuan.

4. Academia

Academia adalah salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari jurnal. Di sini, kamu bisa menemukan literatur ilmiah dari berbagai bidang, seperti hukum, kesehatan, sains, hingga sejarah. 

Academia memiliki lebih dari 47 juta makalah ilmiah yang diunggah oleh para akademisi, peneliti, dan mahasiswa ahli di bidangnya. Yang menarik, kamu bisa mengaksesnya secara gratis.

5. DOAJ

Directory of Open Access Journals (DOAJ) menyediakan berbagai jurnal dan artikel yang bisa kamu akses dengan mudah. Situs ini memungkinkan kamu menemukan literatur ilmiah yang dibutuhkan untuk risetmu. 

Melalui DOAJ, kamu dapat mengakses lebih dari 13 ribu jurnal secara gratis. Cukup masukkan nama jurnal, judul, atau penulis pada kolom pencarian, dan kamu akan menemukan literatur yang sesuai.

6. MDPI

MDPI adalah platform yang juga menyediakan literatur ilmiah yang dapat kamu baca dan unduh secara gratis. 

Situs ini fokus pada publikasi ilmiah dari database seperti Scopus, Web of Science, PMC, PubMed, dan MEDLINE, yang bisa diakses tanpa harus membayar atau berlangganan.

7. Springer

Springer menyediakan berbagai bahan bacaan ilmiah dari beragam disiplin ilmu. 

Di sini, selain artikel jurnal, kamu juga bisa menemukan buku, protokol, dan prosiding. Beberapa konten dapat diakses secara gratis, namun ada juga yang berbayar.

8. JSTOR

JSTOR adalah platform pencari jurnal lainnya yang menawarkan banyak bahan bacaan ilmiah, mulai dari artikel jurnal, buku, hingga gambar. 

Platfrom ini memiliki lebih dari 12 juta literatur ilmiah, gambar, dan sumber-sumber utama dalam tujuh disiplin ilmu. Sebagian besar konten bisa diakses dan diunduh gratis, namun beberapa memerlukan pembayaran.

9. JournalGuide

JournalGuide adalah situs yang membantu kamu menemukan literatur ilmiah yang terbaik. Di sini, kamu bisa mencari, menyaring, dan memilih bahan studi dengan mudah. 

Tersedia lebih dari 46 ribu artikel jurnal, dan jumlahnya akan terus bertambah. Kamu dapat mencari literatur dengan memasukkan judul, nama jurnal, atau penerbit di kolom pencarian.

10. Edanz

Edanz adalah aplikasi pencari jurnal yang bisa membantu kamu menemukan sumber bacaan untuk tugas atau riset. 

Platform ini menyediakan lebih dari 28 ribu jurnal dan 12 juta abstrak yang mudah diakses. Kamu bisa mencari literatur berdasarkan kata kunci, nama jurnal, penerbit, atau bidang penelitian.

11. Journal Finder

Journal Finder adalah platform yang memungkinkan kamu untuk mencari literatur ilmiah dan menemukan jurnal yang tepat untuk menerbitkan artikelmu. 

Didukung teknologi pencarian berbasis AI, kamu bisa menemukan literatur yang diinginkan dengan cepat. Cukup pilih pengindeks yang tersedia, dan dapatkan hasil terbaik.

12. e-Journal Perpusnas

e-Journal Perpusnas, situs jurnal milik Perpustakaan Nasional RI, juga menyediakan berbagai literatur ilmiah yang menarik. 

Di e-Journal Perpusnas, kamu bisa mengakses lima jurnal dengan fokus berbeda, seperti:

  • Visi Pustaka: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan 
  • Media Pustakawan 
  • Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara 
  • Madika: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Pustakawan 
  • Warta Perpustakaan Nasional RI (Majalah Warta).

Bagi kamu yang ingin mengetahui Daftar Jurnal Sinta 3, silakan kunjungi blog pusatpublikasi.id atau klik teks biru di paragraf ini ya!

Akhir kata

Mungkin cukup sekian pembahasan dari kami mengenai daftar jurnal sinta 3, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih!