Cara Download Jurnal di DOAJ

Cara Download Jurnal di DOAJ

Pada kali ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara download jurnal di doaj dengan cepat dan mudah.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa pembahasannya, yuk simak artikel ini sampai selesai agar kamu mendapatkan jawabannya.

Sebelum masuk ke pembahasan cara download jurnal di doaj, alangkah baiknya kamu ketahui terlabih dahulu terkait apa yang dimaksud dengan doaj.

Apa yang Dimaksud DOAJ?

Apa yang Dimaksud DOAJ?

DOAJ atau Directory of Open Access Journals adalah direktori daring yang mengindeks dan menyajikan akses ke jurnal berkualitas, akses terbuka, dan peer-review.

Selain itu, DOAJ juga sering dikatakan sebagai platform yang dipakai untuk menyimpan pusat data jurnal yang gratis dari seluruh dunia.

Perlu kamu ketahui bahwa DOAJ melakukan pengerjaannya untuk memajukan pengindeksan dengan mencetak berbagai jurnal dalam pusat data.

Cara Download Jurnal di DOAJ dengan Cepat

Cara Download Jurnal di DOAJ dengan Cepat

Setelah mengetahui pengertian DOAJ, selanjutnya kami akan membahas cara download jurna di doaj dengan cerpat dan mudah.

  • Langkah pertama, kunjungi situs DOAJ di https://doaj.org/.
  • Selanjutnya, pilih mode pencarian yang diinginkan. Kamu dapat memilih untuk mencari hanya jurnal, hanya artikel, atau keduanya. Kemudian masukkan kata kunci yang ingin dicari.
  • Sebagai contoh, admin menggunakan kata kunci “media pembelajaran ekonomi.” Silakan klik ikon pencarian atau tekan tombol enter pada keyboard.
  • Hasil pencarian akan ditampilkan. Kamu dapat mengunduh hingga 90 artikel jurnal secara gratis.
  • Pilih artikel yang ingin diunduh. Setelah menemukannya, klik “Teks Lengkap” untuk memulai pengunduhan.
  • Kamu akan diarahkan langsung ke halaman sumber jurnal. Kecepatan pemuatan halaman tergantung pada situs jurnal tersebut, jadi harap bersabar selama proses ini.
  • Setelah halaman terbuka, seperti contoh di atas, cari tombol untuk mengunduh PDF. Biasanya terletak di bawah bagian abstrak.
  • Klik “PDF” yang telah ditandai dengan lingkaran merah pada contoh. Kamu akan diarahkan ke pratinjau unduhan. Silakan unduh artikel tersebut seperti pada gambar di bawah ini.
  • Kini, file artikel jurnal yang Anda butuhkan sudah tersimpan dan berhasil diunduh ke perangkat kamu.

Keuntungan Jurnal Terindeks DOAJ

Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ

Selesai membahas cara download jurnal di doaj, selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan keuntungannya.

1. Menaikkan Nilai Akreditasi Jurnal Ilmiah

Nah, jurnal yang sudah masuk ke dalam DOAJ secara tata kelola bisa dikatakan sudah memenuhi kriteria jurnal ilmiah sehingga jurnal yang terindeks DOAJ memiliki nilai tambah di depan asesor akreditasi jurnal.

2. Perolehan Angka Kredit Maksimal 20 Kum

Untuk jurnal yang berhasil terindeks oleh DOAJ dapat berdampak positif pada penilaian skor kredit instruktur atas kemajuan akademik.

3. Menaikkan Traffic Kunjungan Ke Website Jurnal

Jika seseorang melakukan klik jurnal di DOAJ, maka secara otomatis akan masuk ke dalam portal web jurnal yang dapat menaikkan lalu lintas ke situs web jurnal.

4. Membantu Penerbit untuk Mengadopsi Cara-cara Terbaik dalam Pengelolaan Jurnal dan Membuat Jurnal Lebih Atraktif

Ketika melihat jurnal yang terindeks DOAJ, maka semangat inovasi dalam pengelolaan jurnal dapat meningkat. Memantau best practice dengan cermat pada pengelolaan jurnal lain sangat membantu dalam perkembangan jurnal yang sedang dikelola.

5. Mempermudah Pencarian Referensi

Referensi dari DOAJ dapat mempermudah melakukan tugas akhir para mahasiswa, peniliti, dan dosen. Di DOAJ ini bisa menemukan referensi yang kalian cari.

Bagi kamu yang ingin mengetahui juga Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ, bisa kunjungi langsung blog pusatpublikasi.id atau klik link biru di atas ya.

Akhir Kata

Cukup sekian penjelasan dari kami terkait bagaimana cara download jurnal di doaj dengan cepat dan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat!