Cara Menerjemahkan Jurnal Internasional

Cara Menerjemahkan Jurnal Internasional

Selamat datang di pusatpublikasi.id, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menerjemahkan jurnal internasional.

Sebelum masuk ke pembahasan, pastikan kamu sudah menyiapkan referensi jurnal dalam bahasa Inggris atau jurnal internasional, karena jurnal-jurnal tersebut biasanya lebih berkualitas.

Beberapa kampus mewajibkan mahasiswanya untuk menggunakan referensi jurnal internasional dalam karya ilmiah mereka. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang menggunakan Google Translate untuk menerjemahkannya.

Jika kamu menggunakan penerjemah otomatis, tentu saja akan ada kalimat-kalimat yang tidak sesuai. Hal ini terutama berlaku untuk dokumen dalam bentuk PDF, karena kamu tidak dapat dengan mudah menyalin teks dari format tersebut.

Apa Itu Jurnal Internasional?

Jurnal internasional adalah sebuah publikasi akademik yang mencakup artikel-artikel penelitian yang telah ditelaah oleh para pakar (peer review) dan diterbitkan oleh penerbit luar negeri atau yang memiliki penulis serta pembaca dari berbagai negara.

Jurnal-jurnal ini umumnya memiliki standar kualitas tinggi, cakupan topik yang luas, dan diakui secara internasional dalam bidang ilmu tertentu.

2 Cara Menerjemahkan Jurnal Internasional

Cara Menerjemahkan Jurnal Internasional

Langsung saja, kami akan memberikan cara menerjemahkan jurnal internasional agar teman-teman tidak perlu bolak balik ke google translate. Seperti apa caranya, yuk simak dengan teliti ya!

1. Cara Menerjemahkan Jurnal Internasional di Google Docs

Cara pertama dalam menerjemahkan jurnal internasional adalah dengan menggunakan Google Docs. Hasil terjemahan dari Google Docs akan menampilkan format yang sesuai dengan teks aslinya.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan Google Translate, teks sering kali berubah sesuai dengan format yang diatur oleh Google.

Berikut adalah cara menerjemahkan jurnal internasional menggunakan Google Docs:

  1. Buka berkas dokumen di Google Docs.
  2. Pilih menu Alat -> kemudian klik Terjemahkan dokumen.
  3. Pilih bahasa yang diinginkan, lalu klik Terjemahka.
  4. Tunggu beberapa saat, dan hasil terjemahan akan ditampilkan pada tab baru.

Salah satu kelebihan Google Docs adalah hasil terjemahannya akan ditulis dalam format yang sesuai dengan dokumen aslinya.

Jika kamu tidak tahu cara mengunggah dokumen di Google Docs, kamu dapat mengunggahnya melalui Google Drive.

2. Cara Translate Jurnal Internasional di Ms Word

Siapa yang tidak mengenal software buatan Microsoft? Terutama bagi mahasiswa dan dosen, software ini sudah menjadi alat yang sering digunakan.

Dengan menggunakan MS Word, kamu bisa translate dokumen secara langsung tanpa memerlukan alat tambahan lainnya.

Tidak hanya prosesnya yang sederhana, kamu juga tidak perlu menyalin dan menempel dokumen. Manfaatkan saja menu yang disajikan oleh MS Word. Berikut adalah cara menerjemahkan jurnal internasional di MS Word:

  1. Buka file dokumen dengan MS Word.
  2. Pilih teks yang akan diterjemahkan.
  3. Klik Review di navigasi MS Word.
  4. Pilih Terjemahan pada menu “Review”, lalu pilih opsi “Translate.
  5. Tunggu hingga proses terjemahan selesai .
  6. Hasil akan segera ditunjukkan di layar komputer kamu.

Pendampingan Publikasi Jurnal Bereputasi Internasional

Kami di Pusat Publikasi memahami kebutuhan Anda untuk menerbitkan jurnal dengan cepat dan tanpa repot. Dengan pengalaman mengelola lebih dari 8 jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi, kami siap membantu Anda.

Mengapa Memilih Pusat Publikasi?

  • Pengalaman dan Kredibilitas: Kami telah berpengalaman mengelola jurnal-jurnal bereputasi dan terakreditasi Dikti.
  • Publikasi Cepat: Kami menyediakan layanan publikasi jurnal internasional yang bisa terbit setiap bulan.
  • Layanan Lengkap: Mulai dari publikasi di jurnal internasional Scopus, Copernicus, hingga layanan translate jurnal dan cek plagiasi dengan Turnitin.

Layanan Tambahan yang Kami Tawarkan

Selain publikasi jurnal, kami juga menyediakan berbagai layanan pendukung:

  • Jasa Publikasi Jurnal Internasional Scopus
  • Jasa Publikasi Jurnal Internasional Copernicus
  • Publikasi di DOAJ
  • Pengurusan HAKI
  • Jasa Translate Jurnal
  • Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi
  • Cek Plagiasi Menggunakan Turnitin

Konsultasi Gratis!

Untuk membantu Anda lebih lanjut, kami menawarkan sesi konsultasi gratis terkait publikasi jurnal internasional. Klik tombol WhatsApp di bawah ini dan hubungi kami sekarang juga!

Akhir Kata

Oke teman-teman, mungkin itu saja pembahasan dari kami tentang cara menerjemahkan jurnal internasional di Google Docs dan di Ms Word. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.