Cara Menambah Artikel di Sinta

Cara Menambah Artikel di Sinta

Selamat datang di Pusat Publikasi, Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara menambah artikel di Sinta, maka simak artikel ini sampai selesai ya.

Sinta (Science and Technology Index) merupakan basis data yang memiliki sebuah informasi terkait publikasi ilmiah dan jurnal yang dipublishkan di Indonesia.

Basis data tersebut menjadi hal penting dalam menilai kualitas publikasi ilmiah dan jurnal yang ada di Tanah Air.

Oleh karena itu, banyak institusi akademik dan penerbit jurnal yang mengajukan permintaan untuk melakukan pendaftaran jurnalnya di Sinta.

Perlu diketahui bahwa para peniliti dan akademisi harus menerbitkan artikel ilmiah di jurnal yang terdaftar di Sinta. Hal ini karena publikasi ilmiah di jurnal bisa meningkatkan reputasi dan kredibilitas dari karya ilmiah mereka.

Selain itu, artikel ilmiah yang sudah terdaftar di Sinta juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk para peneliti dan akademisi.

Cara Menambah Artikel di Sinta

Nah, bagi yang ingin menambah artikel di Sinta bisa kamu simak di bawah ini ya. Berikut adalah cara menambahkan artikel di Sinta:

1. Pilihlah Jurnal yang Terdaftar di Sinta

Langkah pertama dalam cara menambah artikel di Sinta adalah memilih jurnal yang terdaftar di Sinta. Untuk mencarinya bisa melalui situs resmi Sinta https://sinta.ristekbrin.go.id. Jika sudah menemukan jurnal yang ingin dipilih, pastikan bahwa jurnal tersebut sudah terdaftar di Sinta dengan status yang terbaru.

2. Lakukan Registrasi Pada Jurnal yang Dipilih

jika sudah berhasil menemukan jurnal yang ingin dipilih, kamu harus melakukan pendaftaran pada jurnal tersebut. Pada bagian ini, kamu bisa melihat informasi terkait persyaratan registrasi pada situs jurnal. Setelah registrasi berhasil, maka kamu akan diberikan akses untuk mengirimkan artikel ilmiah ke jurnal yang dipilih.

3. Tuliskan dan Kirimkan Artikel Ilmiah

Setelah melakukan registrasi, maka kamu perlu menulis artikel ilmiah sesuai dengan pedoman penulisan yang telah disesuaikan oleh jurnal yang dituju. Jika sudah menulis artikel ilmiah, lalu kirimkan artikel tersebut ke jurnal yang dipilih.

4. Menunggu Hasil Penilaian

Langkah selanjutnya adalag menunggu hasil penilaian dari jurnal yang dipilih. Untuk proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitaran tiga minggu hingga beberapa bulan. Nah, jika sudah menerima artikel ilmiah maka lakukan penambahan artikel ilmiah itu ke dalam Sinta.

5. Melakukan Verifikasi di Sinta

Apabila artikel ilmiah sudah diterima oleh jurnal yang dipilih, maka kamu bisa melakukan verifikasi pada Sinta. Nah, untuk verifikasi ini kamu harus masuk ke akun Sinta pribadi, lalu pilih bagian menu “Verifikasi Publikasi”. Kemudian, masukkan infomasi terkait artikel ilmiah yang sudah berhasil diterima oleh jurnal yang dipilih.

6. Menunggu Proses Verifikasi

Setelah melalui langkah verifikasi, kamu harus menunggu proses verifikasi dari tim resmi Sinta. Jika verifikasi sudah berhasil, maka artikel tersebut akan ditambahkan ke dalam basis data Sinta.

7. Melihat Perkembangan Publikasi

Nah, jika artikel ilmiah sudah bisa ditambahkan ke dalam Sinta, maka kamu bisa melihat perkembangan publikasi kamu melalui akun Sinta pribadi.  

Baca Juga: Template Jurnal Sinta

Penawaran Eksklusif Publikasi Jurnal Sinta Yang Mudah Terbit (Bulan Ini)

Kami di Pusat Publikasi memahami kebutuhan Anda untuk menerbitkan jurnal dengan cepat dan tanpa repot. Dengan pengalaman mengelola lebih dari 8 jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi, kami siap membantu Anda.

Mengapa Memilih Pusat Publikasi?

  • Pengalaman dan Kredibilitas: Kami telah berpengalaman mengelola jurnal-jurnal bereputasi dan terakreditasi Dikti.
  • Publikasi Cepat: Kami menyediakan layanan publikasi jurnal internasional yang bisa terbit setiap bulan.
  • Layanan Lengkap: Mulai dari publikasi di jurnal internasional Scopus, Copernicus, hingga layanan translate jurnal dan cek plagiasi dengan Turnitin.

Layanan Tambahan yang Kami Tawarkan

Selain publikasi jurnal, kami juga menyediakan berbagai layanan pendukung:

  • Jasa Publikasi Jurnal Internasional Scopus
  • Jasa Publikasi Jurnal Internasional Copernicus
  • Publikasi di DOAJ
  • Pengurusan HAKI
  • Jasa Translate Jurnal
  • Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi
  • Cek Plagiasi Menggunakan Turnitin

Konsultasi Gratis!

Untuk membantu Anda lebih lanjut, kami menawarkan sesi konsultasi gratis terkait publikasi jurnal internasional. Klik tombol WhatsApp di bawah ini dan hubungi kami sekarang juga!

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan dari kami seputar bagaimana cara menambah artikel di Sinta, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk semua. Terimakasih!


FAQ

Kenapa jurnal tidak muncul di SINTA?

Mengutip dari sinta.ristekbrin.go.id bahwa Jurnal belum muncul di Sinta karena belum ditetapkan akreditasi maupun keluar hasil penilaian evaluasi jadi jurnal dapat menunggu sampai periode akreditasi selesai.

Berapa biaya publikasi jurnal Sinta?

Biaya publikasi jurnal Sinta di bulan juli 2024 ini berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 7.500.000.

Apakah publish jurnal Sinta tidak dipungut biaya?

Untuk publikasi jurnal Sinta sendiri, ada yang tidak dipungut biaya (gratis) dan adapula yang berbayar.