Ciri-Ciri Jurnal Internasional Terakreditasi

Halo sahabat Pusat Publikasi, Bagi kamu yang ingin mengetahui ciri-ciri jurnal internasional, silahkan simak artikel ini sampai selesai ya.

Saat ini, banyak orang yang masih kebingungan dalam membedakan jurnal nasional dengan jurnal internasional.

Nah, kamu bisa melihat perbedaanya dari karakteristik karya ilmiah seperti jurnal atau makalah yang diterbitkan dalam seminar nasional dan internasional.

Sebelum mengetahui ciri-cirinya, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud jurnal internasional.

Apa Itu Jurnal Internasional?

Cara Mendaftarkan Jurnal Ke Scopus

Apa Itu Jurnal Internasional?

Jurnal Internasional adalah suatu publikasi akademik yang berisikan artikel-artikel hasil penilitian yang telah melewati proses penelaan oleh para ahli dan diterbitkan yang berbasis eksternal.

Biasanya jurnal internasional memiliki artikel ilmiah yang berkualitas dan menyajikan pembahasan yang luas, serta diakui oleh banyak negara dalam disiplin ilmu.

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Banyak faktor yang menjadikan sebuah jurnal internasional, harus menjadi referensi yang baik bahkan mengetahui kualitas jurnal itu sendiri.

Untuk menjadi jurnal internasional, harus menjadi bahan referensi jurnal yang baik dan berkualitas tinggi. Berikut ciri-ciri jurnal internasional yang harus kamu ketahui!

1. Memiliki Kaidah Penulisan Ilmiah

Jurnal internasional harus menggunakan kaidah penulisan ilmiah yang baku dan dituliskan dengan bahasa yang baku. Nah, ini merupakan hal pertama yang wajib kamu perhatikan!

2. Ditulis Dalam Bahasa Internasional

Ciri-ciri jurnal internasional yang kedua adalah ditulis dalam bahasa internasional yang diakui oleh banyak negara.

Untuk membuat bahasa internasional merupakan proses yang perlu memiliki waktu banyak dan perlu mempelajari di banyak negara.

3. Daftarkan International Standard Serial Number (ISSN)

Belum tahu apa itu ISSN? ISSN sering didefinisikan sebagai nomor unik yang digunakan oleh penerbit jurnal sebagai identifikasi jurnal.

Oleh karena itu, jurnal internasional yang benar-benar resmi ini pasti sudah memiliki ISSN ini. Bahkan edisi digital dan cetak memiliki ISSN yang berbeda.

4. Memiliki Publikasi Online

Melakukan penerbitan melalui online dapat dijadikan sebagai referensi ilmiah oleh semua orang karena jurnal tersebut menjangkau semua negara.

Bahkan dengan adanya jurnal online ini, para peneliti dan akademisi juga dapat meminimalisir kesamaan antara satu penilitian dengan penelitian lainnya.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua situs menawarkan jurnal terpercaya. Sebab, hanya situs web tertentu yang bisa mencantumkan jurnal internasional untuk menjamin orisinil.

5. Dewan Editorial Off-Road

Selanjutnya ciri lain jurnal internasional adalah redaksi yang mengelola jurnal juga harus dari minimal 4 negara yang bergabung dengan dewan redaksi.

6. Penulis Jurnal Multinasional

Penulis jurnal harus berasal dari minimal 2 negara yang berbeda. Misalnya, penulis pertama berasal Indonesia dan penulis kedua dari China.

Hal tersebut masuk ke dalam ciri-ciri jurnal internasional yang harus kamu perhatikan.

7. Indeks Internasional

Ciri lain dari jurnal internasional adalah jurnal terindeks yang resmi diakui dan internasional. Di Indonesia biasanya dikenal dengan nama indeks seperti SINTA.

8. Artikel Original (bukan hasil review)

Banyak sekali jurnal yang terlihat mirip seperti dengan jurnal internasional yang hanya berisikan review dari beberapa jurnal saja.

Bahkan jurnal internasional yang asli ini memiliki data asli, sehingga validitas dan legalitas data yang digunakan juga harus terjamin.

9. Terbit Secara Teratur

Tentunya, jurnal yang baik pasti diterbitkan secara konsisten dan teratur, seperti setengah tahunan atau tahunan.

10. Diindeks Oleh Beberapa Pengindeks

Ciri terakhir dari jurnal internasional adalah harus memiliki banyak indeks di banyak negara yang menjadi pengaruh besar di dunia.

Akhir Kata

Cukup itu saja yang bisa kami sampaikan terkait ciri-ciri jurnal internasional yang baik dan berkualitas. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca, terimakasih.


FAQ

Apa yang membedakan jurnal nasional dan internasional?

Jurnal nasional hanya ada di satu negara, sedangkan jurnal internasional bisa diakses oleh semua orang di negara yang berbeda.

Apakah Sinta termasuk jurnal internasional?

Jurnal Sinta secara garis besar adalah database jurnal-jurnal nasional yang sudah terakreditasi oleh ARJUNA, Sehingga bisa dituju untuk membuktikan seorang dosen dan peneliti sudah menerbitkan jurnal nasional terakreditasi. Sementara jurnal Scopus merupakan database untuk jurnal internasional bereputasi.

Dimana letak ISSN jurnal internasional?

Mencantumkan kodebar ISSN di pojok kanan bawah pada halaman kulit belakang untuk terbitan ilmiah. Sedangkan untuk terbitan non-ilmiah di pojok kiri bawah pada halaman kulit muka.